Pekanbaru (ANTARA News) - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, sejak sepekan terakhir dipadati penumpang tujuan internasional terutama Pekanbaru-Kuala Lumpur, Malaysia

"Sepekan terakhir tujuan Kuala Lumpur cenderung mengalami peningkatan. Sepertinya karena jelang Natal dan Tahun Baru," kata Manager Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan, di Pekanbaru, Kamis.

Perkiraan rata-rata, untuk rute penerbangan Pekanbaru-Kuala Lumpur yakni mengalami peningkatan hingga 10-15 persen.

Peningkatan tersebut menurut dia juga belum signifikan mengingat prediksi puncak arus Natal dan Tahun Baru akan terjadi pada pekan terakhir Desember 2012.

"Namun jika dirincikan lagi, rute dominan yang mengalami peningkatan cukup signifikan yakni Pekanbaru-Jakarta," katanya.

Kemudian Pekanbaru-Batam dan Pekanbaru-Medan dengan rata-rata peningkatan mencapai 15 hingga 20 persen.

"Atau jika dirincikan secara global, perhari ada peningkatan 500 hingga 1.000 penumpang. Kalau biasanya 7.000-7.500 penumpang, sejak satu pekan ini mencapai 8.000 hingga 8.500 orang," katanya.

Prediksi peningkatan jumlah penumpang untuk tujuan domestik maupun internasional menurut Ibnu telah menjadi rutinitas tahunan tiap jelang hari-hari besar seperti Natal dan Tahun Baru.

"Rencananya, tanggal 22 Desember nanti, di Bandara SSK II bakal didirikan posko yang berfungsi melakukan pengontrolan dan pendataan arus penumpang di bandara," katanya.
(FZR)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2012