Serang, Banten (ANTARA News) - Komando Pasukan Khusus TNI AD bersama Kementerian Kehutanan menaman 4.000 bibit pohon jati utama nusantara (Tectona grandis) dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika 2012 dan Gerakan Menanam Satu Miliar Pohon.

"Kegiatan menanam pohon ini penting untuk membantu mengurangi pemanasan global, dan sesuai dengan amanat presiden dalam Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon," kata Komandan Jenderal Kopassus TNI AD, Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo, dalam acara penanaman di Markas Kopassus TNI AD Grup-1 Serang, Banten, Kamis.

Dia mengatakan, Kopassus TNI AD senantiasa ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan prinsip Hijau, Bersih, dan Sehat. Menurut dia, selain Kopassus TNI AD membina anggotanya dengan latihan yang memadai untuk menjadi prajurit yang profesional, yang juga bertanggung jawab pada kelestarian lingkungan hidup.

Menurut Sutomo, Kopassus TNI AD sebagai salah satu komponen bangsa merasa berperan dalam menanam pohon di Indonesia. Dia mengatakan penanaman pohon merupakan antisipasi pemanasan global.

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, mengatakan, Gerakan Indonesia Menanam 1 Miliar Pohon bertujuan merehabilitasi hutan dan tanah-tanah gundul di luar kawasan hutan. Hal itu menurut dia agar terbentuk ekosistem hutan baik di perkotaan, pedesaan, atau pemukiman.

"Sekarang semangat TNI AD seperti Pertempuran Ambarawa dituangkan dalam kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon untuk Indonesia yang hijau dan bersih," kata Hasan.

Dia mengatakan, tahun 2010 Kemenhut berhasil menanam 1,3 miliar pohon, dan tahun 2011 mencapai 1,5 miliar pohon. Untuk tahun 2012, ditargetkan akan melebihi capaian dari tahun 2011.

(I028/M019)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2012