Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Eko Maryadi menyarankan anggota Dewan Pers periode 2013-2016 memperhatikan keterwakilan perempuan dan daerah.

"Menurut saya itu penting karena sekarang perempuan menjadi bagian dalam pengambil kebijakan publik," katanya usai jumpa media Koalisi Masyarakat Pers Indonesia di Jakarta Pusat.

Eko melihat komposisi anggota Dewan Pers sekarang ini tidak mewajibkan wakil dari perempuan, sebaliknya pendaftar perempuan untuk calon anggota Dewan Pers juga sedikit.

Dia ingin perbandingan proporsi perempuan  di Dewan Pers dapat berkisar 30 hingga 40 persen, apalagi Eko melihat  25 persen anggota organisasi yang dipimpinnya adalah perempuan.

Eko juga mengkritik Dewan Pers sebagai "jakartasentris". "Semua wakilnya dari Jakarta padahal yang namanya media itu ada di mana-mana," katanya seraya meminta wakil daerah dimasukkan.

Tapi dia meminta ketentuan yang ada sekarang disahkan dulu dan dibiarkan berjalan. "Nanti yang sedang berjalan itu kami minta untuk memasukkan ide-ide baru. Keterwakilan perempuan dan keterwakilan daerah, misalnya," katanya.

(nta)

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2012