Sleman (ANTARA News) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai kawasan yang strategis, terbuka bagi penanaman modal sektor pariwisata dan pendidikan.

"Sleman memiliki beragam potensi yang siap untuk digali dan dikembangkan. Untuk itu, daerah ini terbuka bagi pengembangan usaha-usaha kreatif," kata Asisten Sekda Kabupaten Sleman Bidang Pembangunan Suyamsih, Kamis.

Menurut dia, Kabupaten Sleman juga memiliki prospek secara ekonomi, dan merupakan pilihan tepat bagi tujuan pendidikan serta memiliki beragam objek wisata.

"Bagi investor yang menanamkan modal di Sleman, diharapkan untuk selalu memanfaatkan tenaga kerja lokal," katanya.

Ia mengatakan kebijakan ini diambil untuk melindungi masyarakat Sleman dari dampak-dampak negatif pengembangan usaha yang tidak melibatkan masyarakat setempat sebagai tuan di rumah sendiri.

"Dengan demikian, akan dapat tercipta hubungan yang saling menguntungkan antara masyarakat dan pengusaha. Upaya ini sekaligus untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat pascaerupsi Gunung Merapi," katanya.

Suyamsih mengatakan dalam menumbuhkan perekonomian daerah, Kabupaten Sleman membuka diri untuk penanaman modal yang bersih, yakni bersih dari berbagai limbah dan pencemaran, mengingat posisi geografis daerah ini sebagai kawasan konservasi air bagi daerah-daerah lain di Provinsi DIY.

"Pemkab Sleman berkomitmen untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, yang mensyaratkan setiap aktivitas seperti sosial dan ekonomi untuk selalu ramah lingkungan. Dengan demikian, akan lebih menjamin terwujudnya masyarakat yang sejahtera," katanya.

(V001/M008)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2012