New York (ANTARA News) - Harga minyak jatuh pada Jumat (Sabtu pagi WIB), di tengah kekhawatiran bahwa pembahasan fiscal cliff tidak mencapai kesepakatan hingga batas akhir tahun ini.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari, turun 1,47 dolar AS menjadi menetap di 88,66 dolar AS per barel.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Februari merosot 1,23 dolar AS menjadi ditutup pada 108,97 dolar AS per barel di perdagangan London, menurut AFP.

Investor telah "benar-benar ketakutan atas potensi berlakunya jurang fiskal," kata Robert Yawger dari Mizuho Securities USA.

Kekhawatiran mengenai kemungkinan molornya pembicaraan soal batasan kenaikan pajak di AS, kian menguat setelah Partai Republik gagal menggalang cukup suara dari anggota partainya sendiri untuk mendukung "Rencana B".

Partai Republik menghendaki kenaikan pajak hanya diberlakukan bagi mereka yang berpenghasilan 1 juta dolar atau lebih setahun, sementara Obama menginginkan pada batasan penghasilan yang lebih kecil.

Harga minyak mentah naik pada awal pekan, didukung penurunan lebih tajam dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah AS dan karena anggota parlemen sepertinya akan membuat kemajuan dengan kompromi.

(SYS/A026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2012