Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Wartawan BUMN (FW BUMN) memberangkatkan 30 jurnalis dalam program mudik gratis menggunakan Kereta Api (KA) Pariwisata dengan tipe Priority di Jakarta, Kamis.

Kereta api dengan fasilitas mulai dari layanan multimedia hingga mini bar tersebut berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta pada pukul 06.15 WIB dan akan tiba di tujuan akhir Surabaya pada pukul 18.55 WIB.

Adapun, para peserta mudik berhenti sesuai dengan lokasi pilihan masing- masing yang bervariasi, diantaranya mulai dari Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Jombang, hingga Surabaya.

"Program mudik gratis ini arahan dari Menteri BUMN untuk memfasilitasi teman-teman wartawan bisa mudik dengan nyaman," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Dalam kesempatan ini, Ketua FWBUMN Ricky Anwardi menyampaikan program mudik gratis ini diikuti oleh jurnalis yang berasal dari berbagai media massa nasional.

Dia menjelaskan para peserta sudah memenuhi syarat mudik gratis, diantaranya telah mengirimkan KTP, Kartu Pers, dan bukti vaksin booster yang masih menjadi syarat wajib dalam menggunakan moda transportasi kereta api.

"Kegiatan ini kita adakan hanya untuk memfasilitasi teman-teman media yang ingin mudik, tapi masih belum sempat mencari tiket," ujar Ricky.

Pelaksanaan FWBUMN Mudik Gratis ini didukung oleh beberapa perusahaan BUMN, diantaranya PT Kereta Api Indonesia (Persero), Bank BNI, PLN, MIND ID, Pertamina, Semen Indonesia Group, Jamkrindo, InJourney, Pupuk Indonesia, Bio Farma, Bank Syariah Indonesia, dan Krakatau International Port.

Sebagai informasi, pada musim lebaran tahun 2023 ini Mudik Bersama BUMN  telah melepas peserta mudik sebanyak 67.223 orang, yang terbagi dalam beberapa kategori, di antaranya 1.081 bus dengan jumlah 48.743 pemudik, 30 kereta api (KA) dengan jumlah 15.658 pemudik, serta enam kapal laut dengan jumlah 2.562 pemudik.

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2023