Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyalurkan bantuan korban bencana tahun 2023 sebesar Rp107 juta untuk membantu meringankan beban mereka yang tertimpa musibah di daerah setempat.

“Bantuan yang diberikan ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat yang tertimpa musibah,” kata Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Gedung Dekranasda, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan Iswanto di sela-sela menyerahkan bantuan secara simbolis kepada korban bencana di Kabupaten Aceh Besar.

Baca juga: Banda Aceh salurkan Rp3,48 miliar zakat untuk 5.220 fakir miskin

Ia menjelaskan bantuan tersebut diberikan kepada 14 penerima manfaat dengan total anggaran yang bersumber dari APBK Aceh Besar dengan total Rp107 juta.

Adapun bantuan yang diberikan tersebut berkisar Rp2 juta sampai Rp10 juta sesuai dengan kondisi kerusakan baik akibat angin kencang maupun kebakaran.

“Kami berharap bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal guna membangun kembali rumah dan tempat usaha yang rusak akibat bencana,” katanya.

Baca juga: Pemerintah Banda Aceh santuni 1.624 anak yatim piatu

Ia menyebutkan bantuan itu diberikan kepada masyarakat yang tertimpa musibah di Kecamatan Lhoong, Darul Imarah, Peukan Bada, Krueng Barona Jaya, Masjid Raya, Darussalam, dan Kuta Malaka.

“Alhamdulillah, bantuan yang telah kita serahkan secara simbolis ini sudah masuk dalam rekening para penerima manfaat. Gunakan dengan sebaik-baiknya,” kata Iswanto.

Kepala Dinas Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil mengatakan bantuan untuk korban bencana tersebut disalurkan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Baca juga: Baitul Mal Nagan Raya Aceh mulai salurkan zakat Rp1,76 miliar

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pilar sosial yang sudah bekerja maksimal dalam membantu masyarakat tertimpa musibah,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2023