Toboali, Babel, (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar patroli di pemukiman warga menjelang Idul Fitri 1444 Hijriyah.

"Kita akan gencarkan patroli keliling di pemukiman warga, terutama rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya karena mudik lebaran," kata Kapolres Bangka Selatan AKBP Toni Sarjaka di Toboali, Kamis.

Ia menjelaskan, patroli ke rumah penduduk yang kosong ditinggalkan pemiliknya untuk mengantisipasi tindak kriminal.

"Menjelang lebaran dikuatirkan terjadi tindak kriminal pencurian dengan membongkar rumah yang ditinggal pemiliknya karena melakukan perjalanan mudik," ujarnya.

Polres Bangka Tengah berkoordinasi dengan pihak RT untuk menjamin situasi kamtibmas tetap kondusif di pemukiman warga.

"Rumah yang ditinggal dalam keadaan kosong akan menjadi kesempatan para pencuri untuk beraksi dan tak jarang ketika pulang, pemudik harus mendapati kenyataan rumahnya telah diacak-acak pencuri," ujarnya.

Justeru itu, pihaknya mengerahkan personel khusus untuk melakukan patroli ke rumah penduduk yang kosong ditinggal pemiliknya mudik.

Kapolres menghimbau para pemilik rumah yang mudik perlu meningkatkan keamanan rumah, dengan cara menitipkan rumah kepada keluarga dekat maupun tetangga.

"Kita berkoordinasi dengan RT untuk memudahkan pihak kepolisian melakukan pemantauan terhadap rumah yang ditinggal mudik oleh pemiliknya," ujarnya.

Pihaknya juga memetakan titik rawan di sekitar Kota Toboali dan tempat wisata dan personel akan melakukan giat patroli di titik yang sudah dipetakan.

"Kami akan melakukan patroli ke tempat yang ditinggal masyarakat, sehingga situasi keamanan tetap kondusif selama Lebaran Idul Fitri," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023