Washington (ANTARA News) - Anak ikon politik almarhum Edward Kennedy mengatakan Senin dia tidak akan maju menjadi anggota Senat AS di Massachusetts -- negara bagian yang diwakili ayahnya selama hampir lima dasawarsa -- lapor media AS.

Saudara Edward Kennedy Jr, mantan wakil AS Patrick Kennedy, telah menyatakan pekan silam bahwa pengacara jaminan kesehatan itu secara serius mempertimbangkan kursi Senat AS yang akan ditinggalkan John Kerry jika dia ditetapkan sebagai menteri luar negeri.

Namun Kennedy Jr, yang tinggal di Connecticut, membantah dalam sebuah pernyataan bahwa dia berupaya meraih jabatan publik di Massachusetts.

"Meskipun saya punya keinginan kuat untuk melayani lewat jabatan publik, saya menganggap Connecticut sebagai rumah saya, dan saya berharap akan mendapat kehormatan untuk melayani pada tahap mendatang," kata pria berusia 51 tahun dalam teks yang dikutip oleh CNN, lapor AFP.

Kennedy, yang juga mempunyai sebuah rumah di kompleks keluarganya di Hyannis Port, Massachusetts, mengatakan dia "sangat berterimakasih untuk semua tawaran dukungan" sebagai calon potensial, dan tetap membuka pintu untuk maju "di kesempatan lain di masa depan."

Sebuah sumber yang mengetahui keputusannya mengatakan Kennedy telah menolak maju karena dia tidak ingin mencabut keluarganya, tidak merasa enak mengenai kepindahannya dari Connecticut ke Massachusetts untuk meraih kursi dan para pejabat Connecticut telah mendesak dia tetap tinggal untuk kampanye politik berikut disana, menurut Globe.

"Dia sungguh-sungguh ingin maju," kata teman keluarga yang tidak disebutkan mengatakan kepada CNN. "Dia hanya berpikir ini bukan cara untuk melakukannya. Mencabut keluarganya sekarang tidak masuk akal."

Jika Kennedy maju, dia kemungkinan harus menghadapi Senator Republikan Scott Brown yang melepaskan jabatan, yang dikalahkan bulan lalu dalam upayanya maju lagi menduduki kursi kosong yang ditinggalkan almarhum Edward Kennedy pada 2009.

Hanya enam minggu sesudah pengampanye konsumen Demokrat Elizabeth Warren mengalahkan Brown pada pemilu November, Presiden Barack Obama mencalonkan Kerry Jumat sebagai menteri luar negerinya.

Jika Kerry ditetapkan dalam jabatan tersebut, Brown diperkirakan akan mengincar kursi Senatnya. Diantara orang-orang Demokrat, Wakil AS Michael Capuano dan Ed Markey telah mengisyaratkan kemungkinan akan maju. (K004)

Penerjemah:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2012