Merak (ANTARA News) - Penumpang pejalan kaki yang hendak menuju Pulau Sumatera memadati Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, pada libur Natal, dan menjelang Tahun Baru 2013.

"Selama ini jumlah penumpang pejalan kaki tercatat 7.210 orang atau naik sekitar sembilan persen dibandingkan tahun 2011 mencapai 6.599 orang," kata Kepala Bagian Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario Sardadi Oetomo saat dihubungi, Selasa.

Menurut dia, saat ini penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung menjelang Natal berjalan lancar dan normal tanpa hambatan.

PT ASDP mengoperasikan sebanyak 28 kapal "roll on roll of" atau "roro" dengan melayani perjalanan 85 trip.

Karena itu, kata dia, penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung tidak terjadi antrean panjang.

Seluruh angkutan pribadi maupun sepeda motor saat berada di dermaga Pelabuhan Merak, mereka langsung diseberangkan ke Bakauheni, Lampung.

"Selama ini penyeberangan Merak-Bakauheni lancar dan tidak ada masalah," katanya menambhakan.

Ia mengatakan, jumlah penumpang pejalan kaki sejak tiga hari terakhir tercatat 34.228 orang atau terjadi kenaikan sekitar 65 persen dibanding tahun sebelumnya mencapai 20.723 orang.

Kenaikan penumpang pejalan kaki karena mereka lebih memilih angkutan umum daripada kendaraan pribadi.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya penumpang pejalan kaki memadati loket untuk antre membeli tiket penyeberangan.

"Saya kira tahun ini penumpang pejalan kaki yang hendak merayakan Natal dan Tahun Baru diberbagai daerah di Pulau Sumatera terjadi kenaikan," katanya.

Ia menyebutkan selama ini jumlah mobil pribadi juga terjadi kenaikan dari hari normal sekitar 1.500 unit, namun kini mencapai 2.698 unit.

Mereka berdatangan ke Pelabuhan Merak sejak siang hingga malam hari untuk menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

"Kami terus mengoptimalkan pelayanan dan semua penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan bisa diseberangkan dengan tepat," katanya.

Sementara itu, sejumlah penumpang mengaku mereka lebih nyaman menjadi penumpang pejalan kaki tanpa membawa kendaraan pribadi karena saat tiba di Pelabuhan Merak bisa langsung naik ke atas kapal untuk menyeberang ke Pulau Sumatera.

"Kami dan keluarga tahun ini pulang ke kampung untuk merayakan Natal tidak membawa kendaraan pribadi," kata Hadiyanto, seorang penumpang yang hendak menuju Lampung.
(KR-MSR/M008)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2012