Garut (ANTARA) - Kepolisian Resor Garut mulai memberlakukan sistem satu arah dengan mengalihkan arus kendaraan dari arah Bandung menuju Garut ke Lingkar Kadungora untuk mengurai kepadatan di jalur Kadungora-Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat di hari kedua libur Lebaran, Minggu.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lalu Lintas Polres Garut Iptu Suarna mengatakan arus lalu lintas kendaraan pada libur Lebaran aman dan lancar dengan memberlakukan pengaturan cara bertindak satu arah atau one way dari arah Bandung menuju Garut.

"One way penarikan dari arah Bandung selama 15 menit," kata dia.

Ia menuturkan sistem satu arah itu dilakukan dengan mengarahkan arus kendaraan dari arah Bandung untuk masuk ke jalan Lingkar Kadungora hingga Leles.

Selanjutnya dari arah Garut menuju Bandung, kata dia, ditutup dulu yang berlangsung kurang lebih 15 menit hingga arus kendaraan kembali lancar.

"Titik pending jalan baru Kadungora dengan penarikan arah Bandung menuju Garut," katanya.

Hari kedua Lebaran di jalur Bandung-Garut lintas Kadungora-Leles terpantau ramai dilintasi kendaraan pribadi roda empat dan sepeda motor.

Sepanjang jalur itu arus kendaraan hanya tersendat di persimpangan jalan di Lingkar Kadungora, namun tidak berlangsung lama.

Kepadatan arus kendaraan terjadi di pertigaan Jalan Raya Lingkar Leles menuju Garut karena adanya pertemuan kendaraan dan penyempitan lajur kendaraan.

Kepadatan arus kendaraan juga terjadi di Tanjakan Leles menuju Garut, karena ramainya kendaraan tersebut memperlambat laju kendaraan, ditambah adanya beberapa kendaraan roda empat yang mogok di jalur itu.

Selain menuju arah Garut, kepadatan arus kendaraan juga terjadi dari arah sebaliknya mulai Warung Peuteuy sampai Leles, selanjutnya dari arah Leles sampai Kadungora diberlakukan satu arah.
Baca juga: Kemenhub: pengguna angkutan umum capai 6,4 juta orang hingga H-1
Baca juga: DPRD Jawa Barat apresiasi petugas terkait kelancaran arus mudik






 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2023