Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang hukum terjadi pada Minggu (23/4), mulai dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang berbelasungkawa atas gugurnya prajurit kelima di Nduga, Papua hingga serba-serbi arus balik Lebaran 2023.

Berikut rangkumannya:

1. Yudo Margono berbelasungkawa gugurnya prajurit kelima di Nduga

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan ucapan duka yang mendalam atas gugurnya Prajurit TNI atas nama Pratu F, salah satu personel dari Satgas Yonif R 321/GT.

Pratu F merupakan korban kelima yang gugur oleh serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Mugi-man, Nduga, Papua, pada Sabtu (15/4).

Selengkapnya di sini.

2. Situasi Ternate kondusif usai bentrokan dua kelompok pemuda

Kepala Kepolisian Resor Ternate Ajun Komisaris Besar Polisi Andik Purnomo Sigit menyatakan situasi keamanan sudah kembali aman dan kondusif usai terjadi bentrok dua kelompok pemuda di Kelurahan Jambula dan Sasa pada Sabtu (22/4).

"Dengan adanya kesepakatan kedua bela pihak yang ditandatangan oleh camat, lurah dari kedua kelurahan serta tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh adat untuk berdamai," kata Kapolres Ternate menanggapi bentrok antar-warga usai Idul Fitri 1444 Hijriah di Ternate, Maluku Utara, Minggu.

Selengkapnya di sini.

3. Pemilir diimbau berangkat sesuai tanggal ganjil-genap

Korlantas Polri mengimbau masyarakat yang akan milir (balik) usai mudik Lebaran 2023 dari arah timur ke barat (Jakarta) untuk memperhatikan tanggal ganjil-genap, sehingga keberangkatan disesuaikan dengan nomor pelat ganjil dan genap.

“Ganjil genap tetap dilaksanakan pada saat one way, para pemudik agar menyesuaikan tanggal dan pelat nomor kendaraan,” kata Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Korlantas Polri, Kombes Pol. Eddy Djunaedi dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

4. Kakorlantas: Potensi gangguan samping jadi titik rawan arus balik

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudhi mengatakan potensi gangguan samping perlu dihindari masyarakat saat arus balik karena bisa menjadi titik rawan kemacetan.

"Yang harus diwaspadai adalah titik-titik di mana terjadi penyempitan jalan. Kami selalu menyampaikan tentang adanya potensi hambatan-hambatan samping," kata Firman dalam konferensi pers yang dipantau secara virtual di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

5. Kapolri: Sejumlah rekayasa lalu lintas diberlakukan untuk arus balik

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya akan memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, baik di jalur tol maupun jalur arteri, untuk mengantisipasi puncak arus balik Lebaran 2023.

"Perlu dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa, khususnya dari jajaran kepolisian untuk pengaturan (lalu lintas), baik di jalur tol maupun di jalur arteri," kata Sigit dalam konferensi pers yang dipantau secara virtual di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2023