Sentani (ANTARA) - Pasar Phara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua sampai dengan usai Lebaran 2023, Senin, terpantau masih sepi oleh pembeli maupun penjual.

Pedagang Pasar Phara Sentani Basri, di Jayapura, Senin, mengatakan bahwa masih dalam suasana Lebaran, sehingga aktivitas jual beli belum normal.

“Hari ini masih sepi pembeli tetapi saya dan beberapa teman pedagang lain sudah mulai kembali berjualan supaya dapat membantu orang lain juga yang membutuhkan,” katanya.

Menurut Jimmi, seorang pembeli bahwa memang masih masa libur Lebaran jadi pasar masih terlihat sepi.

“Saudara-saudara Muslim masih dalam suasana Lebaran jadi pasar sepi, saya butuh untuk membeli sagu jadi saya datang ke pasar,” katanya pula.

Sementara itu, Ani, seorang pedagang menjelaskan pihaknya tidak mudik Lebaran dan tidak memiliki sanak saudara di Sentani sehingga pada H+1 Idul Fitri sudah kembali berdagang.

“Kalau saya tidak punya sanak saudara di sini jadi selesai perayaan Lebaran kembali lagi berjualan di pasar seperti biasa sekalipun masih sepi begini,” katanya lagi.

Munawaroh seorang pedagang di Pasar Phara Sentani menambahkan bahwa seluruh anggota keluarganya berada di kampung halamannya dan pihaknya tidak melakukan mudik Lebaran di tahun ini.

“Tahun ini saya belum mudik dulu, semoga tahun-tahun ke depan bisa pulang kampung saat Idul Fitri supaya bisa kumpul keluarga,” katanya pula.
Baca juga: 122 warga Pasar Lama Sentani reaktif setelah jalani rapid test
Baca juga: Hoaks! Sentani dibakar perusuh


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023