Jakarta (ANTARA) - Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menyiapkan pelayanan yang optimal untuk menghadapi puncak arus milir yang diprediksi terjadi dalam dua periode, yakni periode pertama tanggal 24-25 April, dan periode kedua tanggal 29 April-30 April sampai dengan 1 Mei.

“Dalam menghadapi arus milir Lebaran 2023 Bandara Halim Perdanakusuma telah menyiapkan pelayanan yang optimal bagi seluruh penumpang dari dan ke Jakarta yang melalui Bandara Halim,” kata Executive General Manager Kolonel Nav Insan Nanjaya kepada ANTARA di Jakarta, Senin (24/4).

Insan menyebut, kesiapan tersebut sudah dilakukan mulai H+1 atau tanggal 24 April.

Beberapa kesiapan tersebut di antaranya, memastikan seluruh operasional Bandara Halim berjalan normal, seperti kondisi landasan, parkir pesawat, maupun fasilitas penunjang lainnya.

Kemudian, menambah kapasitas boarding dan arrivel lounge agar penumpang tetap nyaman saat akan berangkat ataupun kembali dari tujuan.

Selanjutnya, menyiapkan SOP penanganan penumpang apabila terjadi penundaan jadwal pesawat, sehingga penumpang dapat tetap mendapatkan pelayanan yang optimal.

“Bandara Halim berkoordinasi dengan pihak airlines untuk tetap menjaga on time performance agar tidak terjadi keterlambatan,” kata Insan.

Kesiapan lainnya, yakni menyiapkan penambahan petugas setiap bagian pelayanan penumpang, seperti security check point, counter check in, kebersihan agar seluruh penumpang terlayani dengan baik.

Menambah moda transportasi lanjutan seperti armada taxi bandara dari PUSKOPAU, Blue Bird, maupun bis Damri dan Lorena untuk menyiapkan transportasi bagi seluruh penumpang setelah turun dari pesawat.

Juga menyiapkan tim kesehatan yang bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Bandara untuk mengantisipasi apabila ada penumpang yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Kami juga membentuk Posko Angkutan Lebaran untuk memonitor dan mengkoordinir pelayanan Angkutan Lebaran 2023 dapat berjalan lancar sampai dengan selesai,” kata Insan.

Sementara itu, suasa arus pemilir di Bandara Halim Perdanakusuma terpantau landai, belum terjadi lojakan penumpang yang tiba maupun berangkat di terminal.

Berdasarkan catatan di Posko Monitoring Lebaran 2023 di Bandara Halim Perdanakusuma, total jumlah penumpang datang maupun berangkat hingga pukul 12.00 WIB sebanyak 3.856 orang, yang terdiri atas 2.328 orang yang berangkat dan 1.528 orang yang datang, diangkut menggunakan 34 penerbangan terdiri atas 20 penerbangan berangkat dan 14 penerbangan datang.

Baca juga: Bandara Halim miliki SOP khusus penanganan barang tercecer

Baca juga: Bandara Halim dilengkapi wifi gratis bagi pengguna layanan bandara


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023