Beijing (ANTARA) - Layanan kekayaan intelektual China mendukung negara tersebut untuk bergerak lebih cepat menuju kemandirian yang lebih besar dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Kepala Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional China Shen Changyu, Senin (24/4), mengatakan Pemerintah menawarkan akuisisi paten dengan efisiensi tinggi dalam program penelitian ilmiah utama dan mengirim spesialis kekayaan intelektual ke sejumlah perusahaan, universitas, dan institusi di bidang cip, energi baru, dan biomedis.

Pihak administrasi mengintensifkan berbagai upaya dalam membangun pusat perlindungan kekayaan intelektual nasional, menyediakan layanan terpadu satu pintu untuk peninjauan, verifikasi, dan perlindungan kekayaan intelektual.

Administrasi tersebut mendirikan sub-pusat nasional dan lokal di China tersebut guna menawarkan panduan kepada berbagai entitas dalam menyelesaikan sengketa kekayaan intelektual di luar negeri.

Shen mengatakan pihaknya menargetkan berbagai bidang utama dan batas teknologi, dengan membangun platform layanan informasi paten untuk 13 industri, termasuk cip dan rare earth.

Menurut peringkat terbaru yang dipublikasikan oleh Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO), China naik ke peringkat 11 dalam Indeks Inovasi Global 2022. Shen mengatakan kemajuan luar biasa tersebut tidak terlepas dari perlindungan kekayaan intelektual yang kuat.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023