Jakarta (ANTARA) - Koordinator Satuan Pelaksana Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Hendra Kurniawan menyatakan pihaknya mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang yang datang pada H+2 Lebaran atau Selasa (25/4).
 
"Sebelumnya rata-rata jumlah penumpang yang datang di bawah seribu (penumpang), sekarang sedikit demi sedikit ada peningkatan," kata Hendra saat ditemui di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Selasa.
 
Hendra mengatakan jumlah kedatangan, pada Selasa ini hingga pukul 13.00 WIB, berjumlah 148 bus dengan 1.067 penumpang dari berbagai daerah.
 
Jumlah tersebut meningkat dari jumlah kedatangan pada Senin (24/4) dengan catatan sejumlah 162 bus dengan 999 penumpang.

Baca juga: Menko PMK tinjau arus balik di Pelabuhan Panjang

Baca juga: Jasamarga: 73.010 kendaraan menuju Jakarta melalui GT Cikampek Utama
 
"Kebanyakan penumpang yang datang yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Hendra.
 
Sementara itu jumlah pemudik yang memilih berangkat setelah Lebaran mulai menurun setelah sebelumnya terdapat sejumlah pemudik yang berangkat setelah Lebaran.
 
Pada Selasa ini hingga pukul 13.00 WIB tercatat sejumlah 79 bus dengan 556 penumpang meninggalkan Terminal Terpadu Pulo Gebang, kata Hendra
 
Jumlah tersebut menunjukkan penurunan angka dari jumlah keberangkatan, pada Senin (24/4), dengan catatan sejumlah 271 bus dan 1.750 penumpang yang meninggalkan Terminal Terpadu Pulo Gebang.
 
Terminal Terpadu Pulo Gebang telah menyiagakan sejumlah petugas operasional seperti admin announcer (penyiar informasi), petugas kebersihan, dan petugas keamanan yang siap melayani kebutuhan penumpang.
 
Selain itu pihaknya juga bekerja sama dengan pihak eksternal TNI dan POLRI dalam memberikan layanan tambahan kepada penumpang.
 
Hendra mengimbau kepada para penumpang agar senantiasa menjaga protokol kesehatan dengan minimal menggunakan masker meskipun pemerintah telah mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).*
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2023