Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan pihaknya akan memutuskan proyek pembangunan monorail Jakarta pada pertengahan Januari 2013.

"Pertengahan Januari akan saya putuskan," kata Jokowi saat ditemui di Balaikota DKI Jakarta, Jumat.

Tenggat waktu diberikan kepada PT Jakarta Monorail, selaku pelaksana pembangunan untuk melengkapi kajian serta legalitas yang diperlukan untuk pembangunan.

Menurut Jokowi, PT Monorail Jakarta akan membangun dua jalur yakni jalur hijau (green line) dan jalur biru (blue line).

Jalur hijau rencananya berputar dengan rute Semanggi, Casablanca, Kuningan, Sudirman, Karet, dan Semanggi. Sedangkan jalur biru meliputi Kampung Melayu, Casablanca, Karet, Tanah Abang, Roxy, dan Mall Taman Anggrek.

Terkait dengan pelaksana proyek, Jokowi menegaskan bahwa PT Adhi Karya tidak akan terlibat.

"Kalau (PT Adhi Karya-red) mau ya ... pakai rute yang lain," katanya.

Sementara itu, juru bicara PT Monorail Jakarta, Bovananto, menyebutkan pihaknya akan berkoordinasi dengan tim internal untuk membahas mengenai kajian-kajian yang diminta oleh Gubernur Jokowi.

"Pengkajiannya akan berlanjut minggu pertama, mengenai detail masalah legal, pendanaan, dan teknis," kata dia.

Bova menyebutkan bahwa tidak ada banyak perubahan dalam pembangunan. Hanya saja akan ada beberapa penyesuaian seperti stasiun yang sudah tidak layak karena dilewati jalan layang.

"Karena kena jalan layang jadi bergeser. Sangat teknis lah perubahannya, tapi prinsip yang sesuai dengan kesepakatan, tetap kami pertahankan," demikian Bova.
(Dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2012