Moskow (ANTARA News) - Rusia yang merupakan pendukung kuat pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad, mengirim undangan kepada ketua kelompok oposisi Koalisi Nasional Suriah untuk berunding.

Wakil Menteri Luar Negeri Mikhail Bogdanov mengemukakan kepada kantor berita RIA Novosti bahwa perundingan dengan ketua Koalisi Nasional Ahmed Moaz al-Khatib dapat diselenggarakan di Moskow atau di satu lokasi negara asing seperti Jenewa atau Kairo.

Rusia sejauh ini mengecam keras tindakan negara-negara Barat dan Arab anti-Presiden Suriah Bashar untuk mengakui Koalisi Nasional sebagai wakil sah rakyat Suriah sejak kelompok itu dibentuk bulan lalu.

Rusia juga belum dilibatkan dalam diplomasi akhir tahun ini untuk mengusahakan penghentian krisis itu.

AFP melaporkan seorang wakil menteri luar negeri Suriah mengunjungi Moskow pada Kamis dan Menlu Sergei Lavrov menurut rencana akan bertemu dengan utusan perdamaian PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi di ibu kota Rusia, Sabtu.

Rusia telah mengisyaratkan pihaknya siap melakukan perundingan dengan kelompok oposisi yang sampai sekarang memandang Moskow dengan curiga menyangkut penolakannya untuk memutuskan hubungan dengan pemerintah Bashar.

Bogdanov juga mengatakan ia mengharapkan ada pertemuan tiga pihak antara Brahimi dan wakil-wakil Amerika Serikat dan Rusia mengenai krisis Suriah Januari mendatang.

"Kami akan mendengar apa yang akan dilaporkan Brahimi mengenai krisis Suriah dan kemungkinan akan ada satu keputusan mengenai pertemuan 'Tiga B' dengan Lakhdar Brahimi, Wakil Menlu Amerika Serikat William Burns dan Mikhail Bogdanov," katanya.

"Tetapi ini akan diselenggarakan Januari setelah liburan (Tahun Baru Rusia)," kata bogdanov.

(H-RN/M016)

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2012