Pangkalpinang, Babel (ANTARA) - Penumpang angkutan udara di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada H+3 Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah mencapai 4.098 atau, mengalami peningkatan dibanding H+2 sebanyak 3.941 penumpang.

"Penumpang pada H+3 Lebaran ini terbanyak dibandingkan hari sebelumnya," kata General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang Mochammad Adiwiyatno di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan jumlah arus balik pada H+3 Lebaran Idul Fitri 2023 melalui Bandara Depati Amir Pangkalpinang berdasarkan data final yang berjalan aman, lancar dan lancar.

"Peningkatan jumlah penumpang juga dipengaruhi oleh jumlah maskapai yang datang dan berangkat melalui bandara itu," katanya.

Menurut dia pada H+2 jumlah maskapai ada 24 sedangkan pada H+3 mengalami penambahan 2 maskapai menjadi 26 maskapai sehingga wajar pada H+3 mengalami peningkatan.

Ia menambahkan pada H+3 jumlah penumpang didominasi dari area keberangkatan dibandingkan kedatangan.

"Keberangkatan sebanyak 2.178 penumpang sedangkan area kedatangan sebanyak 1.920 penumpang," katanya.

Menurut dia jika dibandingkan dengan jumlah penumpang H+3 pada tahun sebelumnya yakni 2022 mengalami penurunan.

"Namun penurunan ini wajar karena jumlah maskapai pada saat itu lebih banyak yakni 34 maskapai," demikian Mochammad Adiwiyatno.

Baca juga: Garuda Indonesia siap hadapi arus mudik Lebaran di Pangkalpinang

Baca juga: Arus balik di Pelabuhan Belinyu sepi penumpang

Baca juga: Satgas COVID-19 Babel waspadai kedatangan 11.000 pemudik

Baca juga: Wagub: Tiket pesawat mahal pengaruhi ekonomi Babel

Pewarta: Aprionis
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2023