Jakarta (ANTARA) - China merilis sebuah dokumen panduan untuk mendorong stabilitas skala perdagangan luar negeri dan meningkatkan strukturnya.

Perdagangan luar negeri memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja, dan negara tersebut menargetkan untuk memperluas pasarnya dengan meningkatkan promosi perdagangan, menurut dokumen itu, yang dirilis oleh Kantor Umum Dewan Negara China.

Dokumen tersebut menyebutkan bahwa China akan mendorong pemulihan komprehensif pameran-pameran domestik luring dan memperkuat dukungannya terhadap perusahaan perdagangan luar negeri yang berpartisipasi dalam pameran-pameran di luar negeri.

Panduan itu mencatat pentingnya upaya untuk memfasilitasi dimulainya kembali layanan penerbangan penumpang internasional secara tertib, terutama di pusat-pusat penerbangan domestik utama.

China juga akan berfokus pada peningkatan impor dan ekspor produk perdagangan luar negeri utamanya, mengerahkan upaya untuk menghubungkan perusahaan otomotif dengan perusahaan pelayaran, dan mempercepat revisi katalog impornya tentang teknologi dan produk yang dipromosikan, menurut dokumen tersebut.

Dokumen itu juga menyebutkan bahwa China akan meningkatkan dukungan finansialnya, termasuk serangkaian upaya untuk mendorong lembaga-lembaga pembiayaan yang didanai pemerintah guna menyediakan pembiayaan dan dukungan peningkatan kredit bagi perusahaan-perusahaan kecil dan mikro asing.

Dalam hal mempercepat pengembangan perdagangan luar negeri yang inovatif, panduan tersebut menggarisbawahi pentingnya upaya untuk mendukung perusahaan perdagangan luar negeri dalam memperluas saluran penjualan mereka melalui perdagangan elektronik (e-commerce) lintas perbatasan dan mode bisnis baru lainnya.

Negara itu juga akan meningkatkan efisiensi transportasi barang dan bea cukai guna mengoptimalkan lingkungan pengembangan perdagangan luar negeri, papar dokumen tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © ANTARA 2023