Buenos Aires (ANTARA) - Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Ha Kim Ngoc bertemu dengan Pejabat Menlu Argentina Pablo A. Tettamanti pada Selasa dalam rangkaian kunjungan kenegaraan Ketua DPR Vietnam Vuong Dinh Hue ke negara Amerika Latin tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Tettamanti memuji kerja sama yang erat dan efektif antara kedua negara dalam beberapa waktu terakhir, khususnya perihal persiapan kunjungan Hue ke Argentina.

Kedua pihak optimistis bahwa kunjungan tersebut akan membawa dorongan baru untuk memperdalam kerja sama komprehensif antara Hanoi dan Buenos Aires demi keuntungan bersama, dan demi perdamaian, kerja sama, serta pembangunan, baik bagi kedua kawasan maupun dunia.

Wakil Menteri Ngoc menegaskan bahwa kunjungan Hue ke Amerika Latin bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa Vietnam selalu menghargai solidaritas dan dukungan dari negara-negara kawasan tersebut atas perjuangan Vietnam dalam meraih kemerdekaan dan reunifikasi pada masa lampau, serta pembangunan dan pertahanan nasional pada masa kini.

Vietnam antusias untuk semakin meningkatkan persahabatan tradisional dan kerja sama di berbagai bidang dengan negara-negara Amerika Latin, termasuk Argentina, yang merupakan salah satu mitra terpenting Vietnam.

Pemerintah kedua negara sepakat untuk terus mempromosikan dan memperdalam kemitraan komprehensif dalam bidang politik-diplomasi, hubungan ekonomi-perdagangan bilateral, kerja sama di berbagai forum multilateral, serta pertukaran orang; dan memperluas jangkauan kerja sama ke berbagai bidang baru, seperti energi bersih, transformasi digital, dan penanganan dampak perubahan iklim.

Pemerintah Vietnam dan Argentina juga akan secara efektif mempertahankan sejumlah mekanisme kerja sama bilateral seperti Komite Antar Pemerintahan dan konsultasi politik antara kementerian luar negeri kedua negara.

Selain itu, kedua pihak juga akan mempertimbangkan untuk membuka pasar bagi produk dari kedua negara untuk mewujudkan neraca perdagangan yang harmonis dan berkelanjutan.

Pada pertemuan tersebut, kedua negara juga membahas usulan Vietnam untuk mempercepat negosiasi terkait perjanjian perdagangan bebas (FTA) antara Vietnam dengan Pasar Bersama Selatan (Mercosur).

Ngoc dan Tettamanti juga menyempatkan diri untuk bertukar pikiran terkait berbagai isu yang menjadi perhatian bersama, baik di tingkat kawasan maupun global.

Sumber: VNA-OANA

Baca juga: Vietnam jabat ketua Komite ASEAN di Buenos Aires

Baca juga: Hilangkan mental blok, ASEAN-Latin akan berlanjut

Pewarta: Tegar Nurfitra
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2023