Singapura (ANTARA) - Harga minyak sedikit menguat di perdagangan Asia pada Kamis sore, menemukan beberapa dukungan setelah kerugian besar dalam dua sesi sebelumnya didorong oleh kekhawatiran resesi AS dan peningkatan ekspor minyak Rusia yang menumpulkan dampak pengurangan produksi OPEC.

Minyak mentah berjangka Brent naik 32 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 78,01 dolar AS per barel pada 06.27 GMT. Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS menambahkan 21 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan pada 74,51 dolar AS per barel.

Harga minyak turun hampir empat persen pada Rabu (26/4/2023), memperpanjang penurunan tajam dari sesi sebelumnya dengan kekhawatiran resesi membayangi penurunan persediaan minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan.

Pada penutupan Rabu (26/4/2023), Brent merosot 4,9 persen sejauh minggu ini sementara WTI anjlok 4,6 persen.

"Harga minyak mentah tetap berat menyusul penurunan di bawah level 80 dolar AS karena terlalu banyak kerusakan permintaan memukul prospek ekonomi AS," kata Edward Moya, seorang analis di OANDA, menambahkan bahwa OPEC tepat untuk memangkas produksi awal bulan ini.

"Minyak sedang mencoba menemukan batas bawah dan satu-satunya hal yang dapat memberikan dukungan adalah pembelian teknis," kata Moya.

Pesanan baru untuk barang modal utama manufaktur AS turun lebih dari yang diharapkan pada Maret dan pengiriman menurun, menunjukkan bahwa pengeluaran bisnis yang tertekan untuk peralatan kemungkinan menarik kembali pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama.

Bagian OPEC dari impor minyak India turun pada laju tercepat pada 2022/23 ke level terendah setidaknya dalam 22 tahun karena pasokan minyak Rusia yang lebih murah melonjak, sementara China juga meningkatkan pembelian minyak Ural Rusia.

Pemuatan minyak dari pelabuhan barat Rusia pada April akan menjadi yang tertinggi sejak 2019, di atas 2,4 juta barel per hari, meskipun Moskow berjanji untuk memangkas produksi.

Baca juga: Minyak "rebound" di awal Asia setelah tertekan kekhawatiran resesi
Baca juga: Minyak anjlok terseret kekhawatiran terus-menerus atas permintaan

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023