Jakarta (ANTARA) -
PT KAI area Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mengingatkan agar para pemilir (penumpang yang kembali ke hilir) untuk mewaspadai barang bawaannya, karena telah ditemukan beberapa barang milik penumpang yang tertinggal di dalam kereta api.
 
"Kami ingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa yang akan tiba di area Daop 1 Jakarta, mohon untuk memperhatikan dan melakukan pengecekan kembali terhadap barang bawaannya pada saat sebelum turun dari KA. Pada saat tiba di stasiun tidak perlu terburu-buru, cek kembali semua barang bawaannya, khususnya di area kursi, karena biasanya cukup banyak penemuan barang tertinggal di atas KA, pada saat kondisi arus balik atau penumpang turun," kata Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daop 1 Eva Chairunissa, saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis.
 
Eva menyatakan bahwa dari data penemuan sejak 24 April silam, pihaknya telah menemukan sekira 70 barang tertinggal milik penumpang. Sebagian di antara barang-barang yang tertinggal itu termasuk dalam barang berharga, seperti telepon seluler (ponsel), dompet, tanda pengenal, dan komputer jinjing (laptop).
 
Bagi para pemilir yang merasa barangnya tertinggal di dalam kereta api atau di area stasiun, Eva menyampaikan bahwa mereka dapat memperoleh kembali barang-barang tersebut selama barang itu ditemukan oleh petugas. Sebab semua barang temuan akan dikumpulkan dalam sistem "lost and found" dan didata secara daring.
 
"Ini bisa menghubungi stasiun terdekat. Karena memang sistemnya sudah online, sehingga bisa langsung dilihat nanti untuk laporannya seperti apa dan dicocokkan dengan penemuan barang yang ada apa saja. Untuk pengambilannya tentu wajib membawa data diri dan juga mungkin bukti perjalanan ya, seperti mungkin bukti tiket dalam bentuk hard copy atau soft copy," pungkas Eva.
 
PT KAI area Daop 1 menjadi salah satu perusahaan yang cukup sibuk pada periode Idul Fitri 1444 Hijriah, dengan banyaknya pemudik yang pulang ke kampung halaman, untuk kemudian menjadi pemilir yang kembali ke kota tempat mencari nafkah. Tercatat pada 27 April terdapat 43.500 pemilir atau pengguna jasa yang tiba di stasiun-stasiun area DAOP 1 seperti Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.
 
Di sisi lain, PT KAI area Daop 1 juga masih memberangkatkan penumpang ke berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada hari ini terdapat 16.000 penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 kereta api yang beroperasi, sedangkan dari Stasiun Gambir terdapat 7.5000 penumpang yang berangkat dengan layanan 38 kereta api.

Baca juga: 16.000 pemudik balik tiba di Stasiun Pasar Senen pada H+5 Lebaran
Baca juga: Polisi imbau penumpang kendaraan gunakan pelabuhan reguler Bakauheni
Baca juga: Menhub: Hindari puncak arus balik kedua pada 30 April dan 1 Mei
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023