Bukittinggi (ANTARA News) - Lalu lintas di jalur provinsi dari arah Padangpanjang melintasi kawasan Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam menuju Kota Bukittinggi pada Senin siang padat merayap.

Padatnya jalur lintas tersebut disebabkan meningkatnya volumen kendaraan dari arah Padangpanjang menuju Kota Bukittinggi.

Kemacetan diperparah dengan adanya pasar tumpah di daerah Koto Baru, Kabupaten Tanahdatar dan Padanglua, Kabupaten Agam menuju pusat kota Bukittinggi.

Seorang pengemudi kendaraan, Ridwan, menyebutkan, akibat arus kendaraan padat merayap waktu tempuh dari Padang menuju Bukittinggi bertambah menjadi 5 jam dari waktu normal hanya 2 jam.

Meski ada petugas lalu lintas mengatur arus kendaraan, kata dia, padat merayap lalu lintas melintasi Kabupaten Tanadhatar dan Agam menuju Bukittinggi tetap tak terelakkan karena volume kendaraan jauh meningkat.

Volume kendaraan yang meningkat didominasi roda empat yang berasal dari berbagai daerah di dalam dan luar Sumatera Barat.

Seorang sopir bus, Tasnim, menyebutkan, untuk menghindari kemacetan pada jalur lintas Padanglua, Kabupaten Agam telah melalui jalur alternatif.

"Setiap hari libur, menghindari kemacetan dari Padangpanjang menuju Bukittinggi--Payakumbuh dan sebaliknya selalu melalui jalur alternatif dari Koto Baru menuju Sungaipuar terus ke Simpang Tanjung Alam," kata dia.

Akibat kemacetan itu, kata dia, waktu tempuh dari Padang menuju Kota Payakumbuh dengan waktu normal 3 jam perjalanan menjadi 5 hingga 6 jam.

"Sedangkan dari Padang menuju Kota Bukittinggi waktu normal 2 jam perjalanan menjadi 4 jam," katanya.

Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP YD Prasetya mengatakan kendaraan yang menuju pusat kota pihaknya telah melakukan sistem penutupan jalur, khususnya di kawasan pasar Padanglua dengan mengalihkan ke Kubang Putih.

Dia berharap kepada masyarakat agar partisipasi dalam membantu kelancaran lalu lintas sehingga situasi yang kondusif di jalan bisa tercipta.

Arus lalu lintas dari daerah Padangpanjang menuju Bukittinggi padat merayap sering terjadi setiap tahunnya, yaitu pada Hari Raya Idul Fitri dan tahun baru.

Untuk mengatasi kemacetan sudah disediakan jalur alternatif dari arah Padangpanjang menuju Kota Bukittinggi dapat melewati jalan Koto Baru menuju Sungaipuar terus ke Simpang Tanjung Alam.

Ada beberapa titik kepadatan lalu lintas di ruas jalan Padangpanjang menuju Bukittinggi, di antaranya di daerah Koto Baru hingga Pasar Padanglua, dan dari daerah Padanglua hingga Simpang Jambu Air.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2012