Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 5.000 petugas keamanan dikerahkan untuk mengamankan Jakarta Night Festival pada malam bebas kendaraan yang akan dimulai pukul 21.00 WIB sampai 02.00 WIB di sepanjang jalan Sudirman-MH Thamrin sampai Merdeka Barat.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budiman, petugas keamanan yang bertugas terdiri atas 4.500 polisi dari Kepolisian Daerah Metro Jaya dan 500 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, Senin, dia menjelaskan bahwa akan ada 120 petugas yang berjaga di setiap panggung hiburan.

"Gabungan dari polisi, Satpol PP, bahkan Dinas Perhubungan. Petugas keamanan dikerahkan baik yang menggunakan seragam maupun yang menggunakan pakaian preman," katanya.

Arie menambahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyediakan satu unit ambulans, mobil toilet, dan pemadam kebakaran di setiap panggung hiburan untuk mendukung kelancaran perayaan.

"Ini bentuk antisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, supaya masyarakat bisa menikmati festival dengan senang, aman, dan nyaman," katanya.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2012