Palembang (ANTARA) - Jumlah penumpang pesawat di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, pada hari ke lima setelah Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 masih tinggi.

"Meskipun prediksi puncak arus balik Lebaran pada 25 April telah berlalu, jumlah penumpang pesawat hari ini masih tinggi mencapai 10 ribu orang," kata Eksekutif General Manager Bandara SMB II Palembang R Iwan Winaya di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, berdasarkan data penumpang pesawat pada arus mudik dan balik Lebaran April 2023 ini rata-rata setiap harinya mencapai 10.000 orang atau meningkat dari hari biasa sekitar 6.000 orang per hari.

Lonjakan pengguna jasa angkutan udara di Bandara SMB II Palembang dengan tujuan utama ke Jakarta diprediksi terjadi hingga akhir arus balik Lebaran pada 2 Mei 2023.

Jumlah pengguna jasa angkutan udara di Bandara SMB II Palembang dalam sepekan terakhir mencapai di atas 100 ribu orang.

Untuk menghadapi lonjakan pengguna jasa angkutan udara pada arus balik Lebaran ini, ada penambahan lima penerbangan yakni empat penerbangan ke Jakarta dan satu penerbangan ke Batam.

Selain itu, pihaknya juga membuka posko mudik Lebaran Idul Fitri bersama pihak TNI/Polri dan instansi terkait guna memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang akan berangkat dan menjemput penumpang di terminal kedatangan.

Posko mudik Lebaran Idul Fitri tersebut dibuka sejak 14 April dan ditutup pada 2 Mei 2023, kata Eksekutif GM Bandara SMB II Palembang R Iwan.
Baca juga: Saat arus mudik, okupansi pesawat di bandara Palembang capai 90 persen
Baca juga: Bandara SMB II Palembang siagakan posko Angkutan Lebaran 2023
Baca juga: Bandara Palembang antisipasi peningkatan penumpang awal Ramadhan

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2023