Bogor (ANTARA News) - Kedatangan Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), ke Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, secara tiba-tiba membuat kaget para petugas setempat.

"Saya kaget, waktu dikabari Pak Jokowi mau datang ke bendung itu. Saya lagi tiduran di pos," kata Andi Sudirman, Kepala Pelaksana Bendung Katulampa, saat ditemui usai menerima kunjungan Jokowi, Senin.

Andi mengatakan, pihaknya tidak mengetahui akan kedatangan Gubernur DKI Jakarta tersebut karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Saat Jokowi datang, petugas sedang bersantai di bendungan, termasuk Andi yang sedang tidur-tiduran di pos.

Jokowi tiba di Bendung Katulampa sekira pukul 14.12 WIB ditemani staf menggunakan mobil dinasnya.

"Setiba di Bendung, Bapak Jokowi langsung duduk di teras sambil liatin bendung, terus ngobrol sama saya," kata Andi.

Ia mengatakan, pihaknya sangat senang menerima kunjungan Jokowi karena memperlihatkan kepeduliannya terhadap petugas Bendungan Katulampa.

Jokowi juga menyempatkan diri meninjau bendungan itu, dan memantau kondisi perlengkapan alat-alat di Bendungan Katulampa.

"Bapak Jokowi nanyain kondisi peralatan di Bendung Katulampa. Dia berharap quick respond info peningkatan kenaikan air bisa dipertahankan, agar cepat sampai Jakarta," kata Andi.

Hal ini berkaitan dengan salah satu fungsi Bendungan Katulampa sebagai pintu air sungai dari kawasan Puncak-Bogor, Jawa Barat, ke Jakarta.

Selain itu, lanjut Andi, Jokowi juga menyatakan akan mengupayakan perbaikan peralatan di Bendungan Katulampa, seperti jaringan televisi pemantau (close circuit television/CCTV), alat pemantau ketinggian air (automatic water level) dan sejumlah peralatan lainnya akan diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Pak Jokowi juga memberikan hadiah tahun baru kepada petugas, dan berterimakasih karena sudah jagain bendung," kata Nadi, salah seorang petugas Bendungan Katulampa.

Kedatangan Jokowi di Bendung Katulampa berlangsung sekira 30 menit, dan ketinggian air masih normal sekira 10 centimeter.

Namun, tidak lama setelah Jokowi pergi, ketinggian air di Bendungan Katulampa naik menjadi 30 centi meter karena hujan terjadi di Puncak, Jawa Barat.
(T.KR-LR)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2012