Lampung Selatan (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi mengungkapkan, hingga kini sekitar 600.000 kendaraan belum kembali ke DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bekasi) selama arus balik Lebaran hingga Jumat.

"Sampai tadi malam kita dapatkan data 600 sekian ribu yang masih belum kembali dari empat arah, dari Cikupa dan juga yang ada di wilayah timur," kata dia saat ditemui di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan.

Firman mengemukakan, pihaknya belum menemukan adanya aktivitas arus balik yang tinggi di beberapa ruas tol.

Karena itu, dia memperkirakan mayoritas dari 600.000 kendaraan itu pulang pada gelombang arus balik kedua, yakni 30 April mendatang.

Baca juga: Menhub tinjau Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni
Baca juga: Aktivitas penyeberangan rute Bakauheni-Merak pada H+5 menurun


Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan personel hingga skema "one way" di tol jika diperlukan. "Pasukan kita tetap siaga. Kita perkuat di jalur arteri dan jalan tol," kata dia.

Dia juga mengimbau kepada para pengendara agar tertib dan tidak saling memperebutkan jalur yang dapat memicu kemacetan.

PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) merilis data terbaru jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Pulau Jawa menggunakan jalur laut dari Sumatera.

Berdasarkan data H+4, tercatat ada 183.808 kendaraan masuk ke Pulau Jawa dari Sumatra. Jumlah tersebut terdiri dari roda empat 108.347, 45.284 roda dua, 6.957 bus dan 23.220 truk.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2023