Makassar (ANTARA) - Sebanyak lima alumni Ma’had Al-Birr Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang sebelumnya dikabarkan hilang kontak, kini sudah berhasil dihubungi dan telah dievakuasi oleh pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sudan.

Kepala Bidang Akademik Ma’had Al-Birr Unismuh Ashat Sultab di Makassar, Jumat, mengatakan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) khususnya mahasiswa yang berada di Sudan sudah diberangkatkan ke Jakarta.

“Sejauh ini, Alhamdulillah, seluruh WNI dan khususnya mahasiswa di Sudan aman, Rombongan pertama sudah diberangkatkan dari Jeddah ke Jakarta hari ini dan menyusul rombongan kedua," ujar alumni Sudan tersebut di Kampus Unismuh Makassar.

Ainun, salah satu keluarga alumni Ma’had Al-Birr yang dihubungi juga telah menyampaikan keselamatan anggota keluarganya.

Baca juga: TNI evakuasi rombongan terakhir WNI dari Port Sudan ke Jeddah

Baca juga: Menlu: 385 WNI dari Sudan telah tiba di Indonesia


“Iya, beberapa hari yang lalu ustadz, (beliau) sudah aman dan ikut dipulangkan ke Indonesia oleh KBRI,” demikian jawaban keluarga Ainun yang dihubungi melalui chat, sehingga masyarakat tidak perlu cemas atas status kelima alumni Ma’had Al-Birr tersebut.

Afrian Cahya Utama yang merupakan salah seorang alumni memberi kabar kepada Idarah Ma’had Al-Birr mengenai kondisinya saat ini.

“Alhamdulillah, teman-teman alumni Ma’had Al-Birr dalam keadaan sehat dan aman semua setelah dievakuasi ke Arab Saudi. Insya Allah bila sudah tiba di Indonesia akan kami sempatkan silaturahim ke Ma’had Al-Birr,” Jawabnya setelah berhasil dievakuasi ke Jeddah untuk lanjut ke Indonesia.*

Baca juga: Gelombang pertama evakuasi WNI dari Sudan diterbangkan ke Tanah Air

Baca juga: Menlu: 390 WNI dievakuasi dari Sudan terbang dari Jeddah hari ini

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2023