Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan Jumat, mengikuti kenaikan semalam di Wall Street, didukung oleh laba perusahaan yang kuat, sementara investor menunggu perkiraan pertumbuhan PDB kuartal pertama zona euro untuk menilai kekuatan ekonomi kawasan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,3 persen, tetapi ditetapkan untuk penurunan mingguan pertama dalam enam pekan terakhir. Saham sektor konstruksi dan material adalah pencetak keuntungan tertinggi pada indeks, meningkat 1,0 persen.

Saham sektor utilitas melemah 0,6 persen.

Pembuat peralatan rumah tangga terbesar Eropa Electrolux AB adalah pencetak kenaikan tertinggi dalam indeks, melonjak 6,0 persen. Perusahaan sebelumnya mengatakan bahwa permintaan yang lebih lemah telah mengakibatkan volume penjualan yang lebih rendah pada kuartal pertama.

Mercedes-Benz Group AG naik 0,9 persen karena produsen mobil mewah itu menaikkan prospek pengembalian tahunan yang disesuaikan atas penjualan divisi van-nya dan mengatakan pihaknya memperkirakan akan mencapai batas yang lebih tinggi dari perkiraan pada pengembalian di divisi mobil.

Bank Inggris NatWest membukukan laba yang lebih baik dari perkiraan untuk tiga bulan pertama karena pendapatan melonjak 37 persen. Namun, saham bank tersebut anjlok 6,4 persen pada awal perdagangan.

Semua mata akan tertuju pada data PDB zona euro, yang akan dirilis pada pukul 09.00 GMT, yang diharapkan menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi kawasan melambat pada kuartal pertama menjadi 1,4 persen dari 1,8 persen tahun lalu. Namun, secara triwulanan, mencatat pertumbuhan 0,2 persen.

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2023