Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menjadwalkan kembali pelaksanaan Jambore Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kalimantan Tengah (Kalteng) 2023.

"Awalnya kegiatan Jambore UMKM 2023 ini rencananya dilaksanakan 3 Mei 2023. Namun    pertemuan dengan beberapa pihak maka Jambore UMKM Kalimantan Tengah 2023 Wilayah Barat akan dilaksanakan pada 11 Mei," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Alfan Khusnaini di Pangkalan Bun, Jumat.

Dia menambahkan, meski waktu Jambore UMKM Kalteng 2023 berubah, lokasi pelaksanaan tetap sama, yakni di Pangkalan Bun Park. Secara umum, perubahan waktu tersebut juga tidak mengganggu jalannya kegiatan tersebut.

Alfan menyampaikan, dalam acara Jambore UMKM 2023 Kalimantan Tengah Wilayah Barat mendatang akan disediakan stan untuk pelaku UMKM. Namun panitia juga memperbolehkan kepada pelaku usaha untuk membawa stan secara mandiri.

"Event Jambore UMKM tahun 2023 ini diikuti oleh ribuan pelaku UMKM dari lima kabupaten yaitu Kotawaringin Timur (Kotim), Kobar, Lamandau, Sukamara dan Seruyan, untuk stan itu jumlahnya ratusan pastinya ada yang kita sediakan dengan sistem sewa, ada juga yang mandiri atau membawa stan sendiri," katanya.

Kadis Disperindagkop ini juga menyampaikan, bahwa tidak hanya kegiatan Jambore UMKM saja, tetapi akan diadakan berbagai kegiatan  seperti pertunjukan menarik untuk menghibur masyarakat kobar.

"Kegiatan ini nanti selain kegiatan Jambore UMKM, akan ada juga expo, yang nantinya akan menyajikan pameran produk unggulan, kuliner, dan nanti di sela-sela itu juga ada hiburan seperti tarian daerah, pentas seni, dan hiburan yang akan dilaksanakan setiap malamnya," katanya.

Dia  berharap, dengan Jambore UMKM 2023, pada bulan Mei 2023 mendatang, dapat membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Kobar, untuk bisa bangkit dan berkembang lagi.

"Yang pastinya Kobar siap menjadi tuan rumah kegiatan Jambore UMKM 2023 Kalimantan Tengah ini," tegas Alfan.

 

Pewarta: Rendhik Andika/M Husein Asy'ari
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2023