Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersinergi dengan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk/  ANTAM menggelar aksi menanam seribu  pohon untuk mewujudkan Jakarta  bebas emisi atau Net Zero Emission (NZE) pada 2060.
 
"Terima kasih kepada  ANTAM yang telah membantu Jakarta dengan program penanaman ini, termasuk pemberian bibit pohon, di antaranya ada pohon buah dan berbagai jenis lainnya yang bisa memberi manfaat bagi  masyarakat dan lingkungan," kata Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Heru mengatakan akan memanfaatkan lahan di kolong tol Becakayu dan sekitarnya pada beberapa kelurahan untuk ditanami pohon.

Sedangkan  Direktur Operasi dan Produksi ANTAM, I Dewa Wirantaya menyatakan  sinergi dengan Pemprov DKI Jakarta merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung tercapainya NZE 2060.
 
"ANTAM sebagai korporasi memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan. Dalam upaya mewujudkan NZE, kami memiliki target untuk mengurangi dua persen net zero emission carbon setiap tahun," ujarnya.
 
Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono bersinergi dengan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk menggelar aksi menanam seribu pohon di kolong tol Becakayu, Jumat (28/4/2023). ANTARA/ HO-PPID DKI Jakarta

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati, kolong tol Becakayu merupakan lahan potensial untuk dilakukan penanaman berbagai jenis tanaman karena lokasinya yang berdekatan dengan sumber air dan cukup sinar matahari.
 
Tanaman sayuran yang ditanam beberapa bulan lalu saat ini juga sudah bisa dipanen dan masyarakat yang mengelola dapat menikmati hasilnya.
 
Lebih lanjut, Heru memastikan kegiatan penanaman pohon ini akan terus berlanjut di berbagai wilayah DKI Jakarta.
 
Kemudian, Pemprov DKI juga akan berdiskusi untuk menetapkan lokasi-lokasi lainnya dan melakukan monitoring kegiatan secara rutin dan berkelanjutan.
 
Adapun partisipasi ANTAM diharapkan dapat mendorong BUMN lainnya untuk bersama-sama menghijaukan Jakarta, sekaligus meningkatkan ketersediaan pangan dan mengurangi kemiskinan masyarakat.
 
Dalam acara penanaman tersebut, masyarakat dapat memilih jenis tanaman sesuai dengan karakteristik lokasi di wilayahnya.
 
Para lurah juga dapat menggerakkan seluruh pemangku kepentingan di wilayahnya untuk berpartisipasi dalam penataan wilayah dengan melakukan penanaman, sedangkan dinas terkait di lingkup Pemprov DKI Jakarta berperan memfasilitasi sesuai dengan fungsinya.
Baca juga: DKI hijaukan bawah Tol Becakayu untuk kurangi emisi karbon
Baca juga: Pemprov DKI tanam 300 pohon saat revitalisasi Monas
Baca juga: Cafe rumah pohon baru di tengah Ibu Kota

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023