Jakarta (ANTARA News) - Guinness World Records menganugerahi komik  berlatar zaman kerajaan di China "Social Kingdom"  sebagai "komik yang dibuat dengan orang terbanyak", yaitu 1.087 ilustrator.

Proyek yang melibatkan kolaborasi para penggemar lewat Internet itu dimulai sejak 18 Mei sedangkan versi  serial animasi televisinya tayang pertama pada Juni 2012

Penyelenggara pun meminta para partisipan untuk menggambar ulang panel dari volume ke-26 manga tersebut dan mengunggah gambarnya di Internet.

Hasil karya para penggemar itu disatukan menjadi satu dalam edisi online. Hasilnya dapat dilihat di situs resmi Young Jump, majalah komik mingguan.

"Kingdom", karya Yasuhisa Hara, awalnya terbit di majalah komik pada Januari 2006. Kini, manga yang sudah terjual sebanyak 5.9 juta kopi itu sudah terbit dalam 28 volume.

Para kontributor dari proyek online itu meliputi seniman manga legendaris seperti Hirohiko Araki ("JoJo's Bizarre Adventure"), Takehiko Inoue ("Slam Dunk"), Eiichiro Oda ("One Piece"), Masashi Kishimoto ("Naruto") dan Hiroshi Motomiya ("Salaryman Kintaro").

Selain itu, beragam aktor dan pengisi suara dari serial TV animasinya pun memberi kontribusi, seperti dikutip dari laman Asahi Shimbun.

(nan)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013