Jakarta (ANTARA) - Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Utara (PPKD Jakut) menggelar seleksi tulis bagi pendaftar program pelatihan kerja gratis angkatan II tahun 2023 pada Rabu (3/5) di Gedung PPKD Jakarta Utara, Semper Barat.

Program pelatihan kerja dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta itu menyelenggarakan dua sesi seleksi tulis.

Kepala PPKD Jakarta Utara Siti Nurbaiti dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan seleksi tulis sesi 1 dilaksanakan pukul 09.00 sampai 11.30 WIB untuk calon peserta pelatihan kejuruan tata rias, tata boga, teknik pendingin, tata busana, otomotif sepeda motor, bahasa Inggris, teknik listrik industri, dan tata graha.

Sedangkan sesi 2 pada pukul 13.00 sampai 15.30 WIB untuk calon peserta pelatihan kejuruan operator komputer, desain grafis, dan editor video.

Untuk mengikuti pelaksanaan seleksi tulis, pendaftar wajib hadir dan mengenakan kemeja putih dengan celana atau rok hitam, bersepatu hitam,  membawa ponsel pintar (smartphone) dengan jaringan internet aktif, dan alat tulis sendiri meski proses seleksi nanti sepenuhnya menggunakan Mobile Assisted Test (MAT).

Ketidakhadiran pada saat proses seleksi tulis dapat menyebabkan peserta dinyatakan tidak lolos atau gugur dalam proses seleksi.

Rangkaian kegiatan seleksi itu diharapkan bisa memilih para tenaga kerja yang siap dilatih hingga menjadi kompeten dan berpengalaman untuk bekerja secara adaptif dan kompetitif di dunia industri 4.0 saat ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan di Jakarta Utara, Jumat, calon peserta yang akan mengikuti seleksi tulis sudah mendapat pemberitahuan tentang adanya kegiatan pada Rabu (3/5) mendatang lewat pesan langsung lewat WhatsApp oleh administrator PPKD Jakarta Utara.

Calon peserta mesti mengonfirmasi kehadirannya lewat tautan yang dibagikan dalam pesan langsung di WhatsApp tersebut serta bergabung dalam grup yang disiapkan admin untuk masing-masing sesi seleksi.

Adapun pendaftar yang terkonfirmasi untuk mengikuti kegiatan seleksi tulis pelatihan kerja angkatan II 2023 Sesi 1 sedikitnya 180 peserta, dan Sesi 2 sedikitnya 130 peserta hingga pukul 19.00 WIB ini.

Setelah melalui proses seleksi tulis, calon peserta masih harus melewati seleksi wawancara yang rencananya dilaksanakan pada Kamis (4/5) pukul 08.30 WIB - Selesai di gedung PPKD Jakarta Utara.
Baca juga: PPKD Jaksel selenggaraan pelatihan kerja gratis pada Februari 2023
Baca juga: Jakbar siapkan mobil khusus untuk pelatihan kerja keliling
Baca juga: PPKD Jakbar buka pendaftaran pelatihan kerja Februari ini

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023