Jakarta (ANTARA) - Muhammad Rifqi Fitriadi yang merupakan satu-satunya petenis wakil tuan rumah dalam turnamen BNI-MedcoEnergi International Tennis M25K Seri III, akhirnya berhasil memastikan diri ke semifinal.

Menghadapi petenis Taiwan Tsung Hao Huang di lapangan tenis Hotel Sultan, Jakarta, Jumat, Rifqi kembali harus berjuang selama tiga set untuk memenangi pertandingan.

Dari catatan pertandingan diketahui bahwa Rifqi berhasil mengemas kemenangan dengan skor akhir 3-6, 6-0, 6-4 atas lawannya yang merupakan unggulan ketujuh itu.

Baca juga: Rifqi Fitriadi lolos ke perempat final BNI-MedcoEnergi Seri III

Tampil kurang fokus dan performanya yang sedikit terkuras akibat bermain tiga set saat menumbangkan Leo Borg, Kamis, pada set pertama andalan tuan rumah itu dipaksa takluk 3-6.

Namun, dia mampu membalas dengan kemenangan telak 6-0, yang membuat laga kedua petenis harus dituntaskan dengan set ketiga.

Sempat memimpin 3-0 dan 5-3, perolehan keunggulan poin Rifqi nyaris terkejar hingga skor 5-4, namun akhirnya tulang punggung tim SEA Games Indonesia itu kembali dapat fokus untuk menutup laga 6-4, yang memastikannya maju ke semifinal.

Sementara itu, lawan yang bakal dihadapi Muhammad Rifqi Fitriadi di babak empat besar, Sabtu (9/4) adalah petenis Australia Brandon Walkin, yang berhasil menaklukkan unggulan keenam Makoto Ochi dengan dua set langsung 7-6 tie break, 6-4.

Selain Rifqi dan Brandon yang maju ke babak semifinal, dua petenis lain yang juga lolos dan akan saling berhadapan adalah Yanki Erel melawan Digvijay Pratap Singh.

Baca juga: Murray berharap dapat bermain di French Open usai tersingkir di Madrid

Yanki Erel yang berasal dari Turki berhasil melaju ke babak empat besar setelah menang 6-1, 6-2, sementara Digvijay Pratap Singh sukses menghentikan langkah Liu Hanyi 6-3, 6-3.

Di sektor ganda putra yang hari ini mempertandingkan laga semifinal, unggulan pertama Matthew Rimiros/Brandon Walkin memastikan diri ke final setelah menang rubber set dari Blake Bayldon/Kalsey Stevenson.

Pasangan Australia yang sempat takluk 7-6 tiebreak 5 di set pertama itu berhasil membalas dengan merebut 2 set berikutnya dengan skor 6-3 dan supertibreak 10-4.

Selanjutnya, lawan di partai puncak Sabtu (29/4), Walkin dan Rimiros akan menunggu pemenang laga antara Francis Casey Alcantara/Pruchya Isaro melawan unggulan kedua Ray Ho/Parikshit Somani.

Saat set pertama Alcantara/Isaro unggul 7-6 tiebreak 5. Namun, di gim kedelapan, pertandingan kedua pasangan itu tertunda akibat hujan, saat kedudukan sama kuat 4 - 4.

Baca juga: Wimbledon tawarkan bantuan ke Ukraina usai cabut larangan bagi Rusia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023