Beirut (ANTARA News) - Duta Besar Vatikan untuk Lebanon Uskup Gabriel Caccia, Selasa, menyambut baik gagasan Iran untuk memulihkan perdamaian dan kedamaian di Suriah.

Ia mengeluarkan pernyataan itu dalam satu pertemuan dengan Duta Besar Iran untuk Lebanon Ghazanfar Roknabadi pada Selasa.

Dalam pertemuan tersebut, mereka menekankan dialog dan diplomasi adalah satu-satunya pilihan guna mengakhiri krisis Suriah.

Roknabadi mengomentari perkembangan paling akhir di wilayah itu dan Lebanon serta rencana enam pasal Iran mengenai penyelesaian krisis di Suriah.

Duta Besar Vatikan tersebut menyoroti peran penting dan konstruktif Iran di wilayah itu dan menggaris-bawahi perlunya aksi terkoordinasi di kalangan pihak lokal, regional dan internasional guna menyelesaikan masalah tersebut, demikian laporan IRNA --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa malam.

Ia mengatakan Paus menyerukan peningkatan dialog dan perdamaian. Ditambahkannya masyarakat internasional tak pernah menyepakati pengiriman senjata atau dukungan keuangan untuk kelompok oposisi Suriah.

Rakyat Suriah lah yang mesti memutuskan nasib mereka melalui cara demokratis, katanya.

Saat merujuk kepada kondisi tak menyenangkan rejim Zionis, ia mengatakan semua masalah di wilayah tersebut saling terkait dengan masalah Palestina.
(C003)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013