Pati (ANTARA) - Kepolisian memastikan arus lalu lintas di Jalur Pantura Timur Pati, Jawa Tengah selama arus mudik hingga arus balik Lebaran 2023 tetap lancar, sedangkan kasus kecelakaan yang melibatkan pemudik juga nihil.

"Sampai dengan saat ini berdasarkan pemantauan dan evaluasi kami, arus mudik dan balik di wilayah hukum Polresta Pati berjalan lancar," kata Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, di Pati, Minggu.

Bahkan, kata dia, arus mudik hingga hari Lebaran tidak sampai terjadi kemacetan dan kepadatan, hanya ramai dan lancar.

Demikian halnya, kata dia lagi, saat arus balik baik hingga hari ini dari Pati menuju barat juga lancar.

"Hari ini kami juga mendapatkan kunjungan dari Satgas Operasi Ketupat 2023 Mabes Polri yang juga memantau kondisi arus lalu lintas lewat udara menggunakan helikopter untuk wilayah Pantura juga lancar dan tidak ada kepadatan," ujarnya.

Meskipun bertepatan dengan larung di Juwana, arus lalu lintas tetap lancar. Kepadatan hanya terjadi di kawasan sekitar oleh warga lokal.

Selain arus lalu lintas lancar dan tidak ada kemacetan, kata dia, selama kurun waktu Operasi Ketupat Candi 2023 atau selama arus mudik maupun balik di Jalur Pantura Pati juga nihil kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pemudik.

"Kasus kecelakaan memang ada, namun tidak melibatkan pemudik hanya warga lokal. Termasuk laka yang melibatkan antara pengendara sepeda motor yang menabrak mobil hingga ada korban jiwanya," ujarnya pula.

Polresta Pati juga menyiapkan posko mudik yang tersedia fasilitas mulai dari tempat beristirahat hingga layanan pengecekan kesehatan. 
Baca juga: Jalur Pantura Pati-Rembang siap dilalui pemudik
Baca juga: Warung Thower di Pantura Pati bisa jadi alternatif "rest area" pemudik

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023