Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meninjau sejumlah lokasi di Labuan Bajo, NTT untuk memastikan kesiapan infrastruktur yang menjadi tempat acara KTT Ke-42 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

"Ada tiga titik yang kami tinjau, pertama Hotel Meruorah, lalu Hotel Bintang Flores, dan Hotel Ayana yang menjadi pusat kegiatan KTT ASEAN," kata Moeldoko dalam wawancara di Hotel Ayana, Labuan Bajo, NTT pada Selasa saat kunjungan bersama sejumlah pemimpin redaksi media.

Saat di Hotel Meruorah, rombongan memeriksa persiapan ballroom yang akan menjadi ruang acara pertemuan utama KTT ASEAN, serta titik foto bersama para kepala negara/pemerintahan ASEAN.

Lalu di Hotel Bintang Flores, Menkominfo dan Kepala Staf Kepresidenan meninjau penyiapan ruangan media center untuk wartawan peliput KTT ASEAN.

Sementara itu Menkominfo menekankan jaringan telekomunikasi untuk kepentingan siaran dan lainnya harus berkondisi baik.

"Rekan media agar dapat memanfaatkan dengan baik sehingga tidak terjadi traffic yang padat dan saya yakin itu bisa karena kita sudah berpengalaman," kata Johnny.

Dia menjelaskan terdapat beberapa kategori media yang akan turut terlibat dalam peliputan KTT Ke-24 ASEAN yakni media lokal, media nasional, media regional ASEAN, media internasional, serta jajaran humas kementerian/lembaga dan daerah.

Fasilitas yang akan didapat di media center yakni ruang kerja media, komputer, layar besar yang akan menyiarkan langsung beberapa acara KTT Ke-42 ASEAN, ruang makan, booth media, mini studio, serta koneksi telekomunikasi.

Selanjutnya saat mengunjungi Hotel Ayana, Johnny dan Moeldoko mengajak media untuk meninjau persiapan lokasi penginapan dan makan malam penyambutan kepala negara/pemerintahan ASEAN.

Penanggungjawab makan malam penyambutan delegasi KTT ASEAN di Hotel Ayana, Ruhadi Wirawan, mengungkapkan welcoming dinner akan dilangsungkan pada tanggal 10 Mei 2023 di area Kisik.

Untuk saat ini, panitia masih mempersiapkan area tersebut demi kenyamanan dan keamanan delegasi.

"Total kapasitas pengunjung sekitar 300 orang, dan target kami pada tanggal 5 Mei semua sudah siap," jelas Ruhadi.

Selain itu, Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (30/4) telah memberangkatkan 1.660 personel gabungan dan jajaran polres di Kupang menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat guna mengamankan pelaksanaan rangkaian KTT ASEAN 2023 yang dilangsungkan pada 9-11 Mei 2023.

Kemudian, KRI Banjarmasin-592 pada Senin malam (1/5) telah mengangkut 142 kendaraan antara lain berjenis mobil Anoa, truk pendukung, motor kawal, komunikasi elektronik (komek), kendaraan angkut pasukan, dan pengamanan untuk mendukung pengamanan KTT ASEAN.

KRI tersebut juga membawa personel dan material TNI Angkatan Darat serta satuan lain yang terlibat dalam pengamanan.

Baca juga: Wagub imbau semua warga NTT sambut tamu KTT ASEANdi Labuan Bajo
Baca juga: Hotel Ayana Labuan Bajo jadi lokasi makan malam delegasi ASEAN Summit
Baca juga: Lima Ibu Negara terkonfirmasi ikut "Spouse Program" di Labuan Bajo

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Azis Kurmala
COPYRIGHT © ANTARA 2023