Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta memberangkatkan sekitar 750 ribu penumpang KA Jarak Jauh (KAJJ) pada masa angkutan Lebaran 2023 sejak 12 April sampai dengan 3 Mei 2023.

Penumpang tersebut berangkat dari area Daop 1 Jakarta melalui Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

"Jumlah tersebut meningkat hingga 20 persen jika dibandingkan realisasi volume pada tahun 2022," ucap Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan dari jumlah 750 ribu penumpang selama 22 hari tersebut, 460 ribu penumpang berangkat menggunakan KA dengan keberangkatan awal dari Stasiun Pasar Senen dan 290 ribu penumpang lainnya berangkat menggunakan KAJJ dengan keberangkatan awal dari Stasiun Gambir.

Lebih lanjut, ia mengatakan pada masa angkutan Lebaran 2023, mayoritas pemesanan tiket KAJJ dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni, 14 sampai dengan 24 April 2023.

"Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 18 sampai dengan 23 April, di mana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai 100 persen," tuturnya.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit, yakni Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

"Secara keseluruhan situasi arus mudik dan arus balik dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat, dan tepat waktu," ucap Eva.

Sebelumnya, pada masa angkutan Lebaran 2023 mulai 12 April hingga 3 Mei 2023, secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 1.513 perjalanan KAJJ untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

"Dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA tambahan sebanyak 303 KA untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Malang," ungkap Eva.


Baca juga: Menhub sebut arus milir 2023 berjalan lancar
Baca juga: KAI Tanjungkarang: Ada amblesan baru akibatkan perjalanan KA terhambat

Baca juga: KAI: Jumlah pemilir tiba di DKI diperkirakan mencapai 44.000 penumpang
 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023