Madiun (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun melayani sebanyak 379.837 penumpang kereta api jarak jauh selama periode Angkutan Lebaran tahun 2023 yang berlangsung mulai tanggal 12 April sampai dengan 2 Mei.

"Selama masa Angkutan Lebaran 2023 kami telah melayani 379.837 pelanggan di semua stasiun wilayah Daop 7 Madiun," ujar Manajer Humas KAI Daop 7 Supriyanto di Madiun, Jawa Timur, Rabu.

Pihaknya merinci dari 379.837 penumpang yang dilayani tersebut, sebanyak 181.348 orang merupakan penumpang yang berangkat atau naik dari sejumlah stasiun Daop 7 dan 198.489 orang yang turun di wilayah KAI Daop 7 Madiun.

Baca juga: Daop 7 perpanjang operasional perjalanan lima KA tambahan hingga 7 Mei

Ia menjelaskan, rata-rata selama angkutan lebaran tersebut, jumlah penumpang yang menggunakan jasa KA di wilayah Daop Madiun mencapai 20 ribuan orang setiap harinya.

Sementara, puncak arus mudik Lebaran 2023 tercatat pada tanggal 25 April dengan jumlah penumpang turun di stasiun Daop 7 Madiun sebanyak 14.044 orang.

"Sedangkan untuk arus balik tercatat merata, karena adanya kebijakan penambahan cuti bersama. Bahkan terpantau masih tinggi hingga 2 Mei 2023," kata dia.

Supriyanto menambahkan guna memfasilitasi masih tingginya penumpang yang melakukan perjalanan balik pada momentum angkutan Lebaran 2023 tersebut, maka Daop 7 Madiun memperpanjang operasional lima KA tambahan hingga 7 Mei mendatang.

Adapun lima KA tambahan yang diperpanjang operasionalnya dan melintas di Daop 7 Madiun yaitu KA Brantas tambahan relasi Blitar-Pasar Senen pp, KA Gajayana tambahan relasi Malang-Gambir pp, KA Malioboro Ekspes relasi Yogyakarta-Malang pp, KA Pasundan tambahan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong pp, dan KA Tambahan relasi Pasarturi - Surabaya Gubeng-Gambir pp.

Adapun kota tujuan yang menjadi pilihan favorit penumpang di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Semarang, Solo, dan Bandung.

Baca juga: Daop Madiun libatkan 60 penari guna peringati Hari Tari Sedunia

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023