Banda Aceh, Aceh (ANTARA News) - Perusahaan maskapai penerbangan Manunggal Air berencana membuka rute penerbangan Kabupaten Simeulu-Medan untuk memperlancar transportasi pulau terluar di Provinsi Aceh.

Bupati Kabupaten Simeulu, Riswan Ns, di Meulaboh, Senin, mengatakan, sudah melakukan pendekatan dan perusahaan maskapai penerbangan tersebut merencakan akan melakukan survey lokasi Bandara Udara Lasikin dalam pekan ini.

"Alhamdulillah, maskapai penerbangan Manunggal Air sudah akan membuka rute penerbangan Simeulue-Medan, ini merupakan salah satu gebrakan ke depan Simeulue dapat mempromosikan ikon wisata pulau terluar Aceh," katanya.

Kata Riswan, di Kabupaten Simeulue cukup banyak potensi wisata dapat dijual namun selama ini masih terkendala akses transportasi karena berada di kepulauan terluar provinsi ujung barat Indonesia itu.

Selain itu kata dia, Pemerintah Aceh juga sudah merespon baik untuk menyediakan armada transportasi laut tambahan dengan mengoperasionalkan kapal Feri KMP Labuhan Haji yang bersandar hampir setahun di Banda Aceh untuk kebutuhan masyarakat wilayah mereka.

Selain itu Riswan mendesak, proyek pelabuhan kapal Feri Meulaboh-Simeulue di Kuala Bubon, Kecamatan Sama Tiga, Kabupaten Aceh Barat, untuk segera dituntaskan, seiring tingginya animo masyarakat menuju pantai barat dan kota Banda Aceh melalui jalur lama itu.

(KR-IRW)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013