Garut (ANTARA News) - Sejumlah pohon dan baliho di beberapa ruas jalan kawasan kota di Kabupaten Garut, Jawa Barat, tumbang akibat diterjang angin kencang yagn datang bersamaan hujan deras, Senin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Garut, Mlenik Maumeriadi, mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa pohon tumbang yang dilaporkan terjadi di 10 tempat.

"Hanya menimpa kerusakan sejumlah bangunan dan sempat meyebabkan kemacetan di jalur protokol," kata Mlenik.

Pohon tumbang, baliho rusak dan kabel listrik terputus terjadi di kawasan Jalan Ottista, Sudirman, Merdeka, Pembangunan, Jalan Proklamasi dan Alun-alun Garut.

Hujan mengguyur kota dodol itu sempat menyebabkan kemacetan arus lalu lintas di Jalan Ottista akibat pohon berukuran besar tumbang menghalangi badan jalan.

"Kejadian paling parah di Jalan Ottista, ada pohon besar menimpa toko dan menghalangi jalan, sehingga menyebabkan kemacetan," kata Mlenik.

Selanjutnya petugas dinas terkait diterjunkan melakukan pemotongan batang pohon yang roboh menggunakan mesin gergaji.

Sejumlah petugas Dinas Lingkungan menyusuri sejumlah ruas jalan protokol untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi pohon tua yang rawan roboh.

"Kami juga segera melakukan mengecekan rutin atau pemangkasan apabila ada pohon di jalan raya yang dinilai rawan roboh," katanya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013