Cipanas, Jawa Barat (ANTARA News) - Koleksi Taman Herbalia --taman tanaman herbal-- di Istana Kepresidenan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, bertambah lengkap.

Kepala Istana Presiden Cipanas, Darsono, dalam laporannya saat peresmian Taman Herbalia oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono, mengatakan, saat ini terdapat 406 jenis tanaman herbal yang menjadi koleksi taman tersebut.

"Taman Herbalia dikembangkan pada 2009 dengan luas area 2.886 meter persegi, luar ruang kemudian rumah kaca. Pada 2009 koleksi 294 tanaman. Pada 2012 dikembangkan luasnya menjadi 1.275 meter persegi dengan 112 jenis saat ini luas taman menjadi 4.161 meter persegi dan koleksinya menjadi 406 jenis," kata Darsono.

Ia mengatakan Taman Herbalia sejak 2011 telah mendapat kunjungan cukup banyak masyarakat umum yang selain menyaksikan koleksi juga melakukan penelitian.

"Pemanfaatan area kosong, sebagai tambahan objek baru sebagai sarana pengetahuan dan penelitian. Juga upaya Istana Kepresienan untuk menjaga tanaman herbalia langka," katanya.

Darsono mengatakan pengembangan Taman Herbalia juga merupakan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk Badan POM.

"Ini baru sebagian kecil ini usaha kita bersama untuk melestarikan yang kita miliki, ke depan bisa menjadi bahan untuk mengobati dan penemuan bagi riset mendatang," kata Ani Yudhoyono.

Dia juga mendorong agar tanaman herbal bisa menjadi salah satu bahan tulisan buku yang bisa dibaca oleh masyarakat luas.

(P008/E001)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013