Surabaya (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya menghidupkan posko-posko gotong royong yang tersebar di Kota Pahlawan, Jawa Timur, untuk pemenangan bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Posko ini untuk memudahkan koordinasi dan pelayanan kader-kader banteng dalam melayani warga masyarakat," kata Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono saat peresmian posko di Kelurahan Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Kamis.

Selain itu, posko juga diniatkan untuk mendulang suara bagi partai politik berlambang banteng moncong putih itu dalam Pemilu legislatif tahun depan, sekaligus juga untuk memperluas dukungan untuk Ganjar sebagai Bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan dalam Pemilu 2024

Hal itu menyusul penetapan Ganjar Pranowo sebagai Bakal Calon Presiden RI 2024 oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, di rumah Bung Karno, Istana Batu Tulis, Bogor, 21 April 2023.

Menurut Adi, ada empat posko gotong royong didirikan di Kecamatan Rungkut dan satu posko di Kecamatan Gununganyar. Keberadaan posko juga untuk melayani masyarakat untuk berbagai keperluan warga.

"Kami dirikan posko gotong royong ini untuk memudahkan koordinasi dan pelayanan kader-kader banteng dalam melayani warga masyarakat. Juga untuk memperluas dukungan untuk Mas Ganjar sebagai Calon Presiden serta PDI Perjuangan dalam Pemillu 2024," kata Adi yang juga Ketua DPRD Surabaya.

Salah satu posko yang didirikan di Kecamatan Rungkut berada di rumah Sekretaris PAC PDI Perjuangan Rungkut, Siti Indarti. Peresmian dihadiri kader-kader banteng, kalangan tokoh masyarakat dan tokoh perempuan.

"Alhamdulillah, posko gotong royong sudah didirikan. Kita perkuat kerja kerakyatan," kata Siti Indarti yang menargetkan satu kelurahan akan berdiri lima posko "Ganjar Presiden".

Di Kecamatan Gununganyar, posko gotong royong diresmikan di rumah Ketua PAC PDIP setempat, Reksa Ningsih. Hadir puluhan kader banteng, relawan, tokoh kampung, para tokoh perempuan dan anak-anak muda. Berbarengan dengan halalbihalal PDI Perjuangan Gununganyar.

"Kami bangga dengan Ibu Megawati yang telah memutuskan Mas Ganjar sebagai Calon Presiden RI. Kader-kader banteng Gununganyar all out bergerak dan memenangkan Mas Ganjar sebagai Capres dan PDI Perjuangan," ujar Reksa.

Adi berharap, pendirian posko perdana di Gununganyar ditindaklanjuti posko-posko gotong royong di kelurahan-kelurahan lain. "Jaga kekompakan, kesolidan dan semangat gotong royong. Kesolidan kader-kader PDI Perjuangan adalah setengah dari kemenangan itu sendiri," ujar Adi.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2023