Urumqi (ANTARA) - Satu rute udara langsung yang menghubungkan Daerah Otonom Uighur Xinjiang di China barat laut dan Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong telah diluncurkan pada Rabu (3/5).

Di pagi hari itu waktu setempat, sebuah pesawat penumpang Boeing 737-800 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Diwopu di Urumqi, ibu kota Xinjiang, dan tiba di Hong Kong setelah lebih dari lima jam sekaligus menandai penerbangan perdana yang sukses melalui rute baru tersebut, demikian disampaikan Urumqi Air, operator penerbangan itu.

Layanan udara tersebut dijadwalkan berangkat dari Urumqi setiap Rabu pada pukul 10.15 dan tiba di Hong Kong pukul 15.35. Sedangkan penerbangan sebaliknya dari Hong Kong pada pukul 16.35 dan akan tiba di Urumqi sekitar pukul 22.20 waktu setempat.

Operator penerbangan menyebut, rute udara baru tersebut akan lebih memfasilitasi perjalanan harian masyarakat, komunikasi bisnis, dan pertukaran lainnya antara kedua daerah.

Selain ke Hong Kong, Urumqi Air juga mengatakan pihaknya berencana meluncurkan rute udara internasional ke sejumlah destinasi seperti Bangkok, dan kota-kota di Asia Tengah dan Asia Barat.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023