Singapura (ANTARA) - Harga minyak sedikit menguat di awal perdagangan Asia pada Jumat pagi, tetapi berada di jalur untuk mencatat kerugian minggu ketiga berturut-turut setelah pasar menyaksikan penurunan dramatis di tengah kekhawatiran melemahnya ekonomi AS dan melambatnya permintaan China.

Minyak mentah berjangka Brent terangkat 14 sen atau 0,2 persen, menjadi diperdagangkan di 72,64 dolar AS per barel pada pukul 00.02 GMT. Sementara itu, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 17 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan di 68,73 dolar AS per barel setelah empat hari berturut-turut merugi.

Untuk minggu ini, Brent ditetapkan ditutup turun 8,7 persen, sementara WTI ditetapkan ditutup 10,5 persen lebih rendah.

Kekhawatiran krisis perbankan regional AS terus berlanjut, mengkhawatirkan pasar lebih lanjut, setelah PacWest Bancorp mengatakan berencana untuk mengeksplorasi opsi strategis.

Harga minyak juga terpukul oleh penguatan dolar setelah Bank Sentral Eropa menaikkan suku bunga pada Kamis (4/5/2023) dan mengisyaratkan perlunya pengetatan lebih lanjut sehari setelah Federal Reserve AS juga menaikkan suku bunga.

Greenback yang lebih kuat membuat minyak mentah lebih mahal bagi pembeli yang memegang mata uang asing lainnya.

Namun, investor sekarang secara luas memperkirakan Fed akan menghentikan kenaikan suku bunga pada pertemuan Juni, setelah bank sentral AS menghilangkan pernyataan bahwa ia "mengantisipasi" kenaikan suku bunga lebih lanjut dari pernyataan kebijakannya.

Di China, aktivitas pabrik secara tak terduga berkontraksi pada April karena pesanan turun dan permintaan domestik yang buruk menyeret sektor manufaktur yang sedang berkembang, membahayakan prospek ekonomi yang lebih luas untuk kuartal kedua.

Para pedagang sekarang fokus pada rilis data ketenagakerjaan AS untuk April pada Jumat, berharap ini dapat membantu mengukur kesehatan ekonomi, serta komentar tentang kebijakan moneter dari Presiden Fed St. Louis James Bullard dan Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari di Klub Ekonomi Minnesota.

Baca juga: Minyak sedikit bervariasi setelah ECB perlambat kenaikan suku bunga
Baca juga: Rubel dekati tertinggi satu bulan karena harga minyak berhenti turun
Baca juga: Minyak pulih setelah terjun 3-hari, kekhawatiran permintaan bertahan

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023