Jakarta (ANTARA News) - Pemain bulu tangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei, akan mewakili klub Musica Champion di Superliga Badminton 2013 di DBL Arena Surabaya pada 3-9 Februari 2013.

"Namun ia meminta hanya bermain dua pertandingan karena ada acara di Malaysia," kata Wakil Manajer Musica Champion, Hariyanto Arbi, usai memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu.

Mantan pemain bulu tangkis nasional itu mengatakan, Lee Chong Wei sempat menolak tawaran untuk mewakili Musica Champion karena ingin merayakan Hari Raya China.

Namun karena hubungan baik ia akhirnya bersedia meramaikan kejuaraan berhadiah total Rp1,6 miliar itu. "Biar semarak, akhirnya dia mau," tambah Hariyanto.

Pada Superliga 2011 lalu, Lee Chong Wei bertanding mewakili klub SGS PLN Bandung, yang menjadi juara setelah mengandaskan Jaya Raya Suryanaga Surabaya, 3-2. 

Seperti pada liga-liga sebelumnya, setiap klub diizinkan menambah kekuatan dengan menggunakan pemain asing pada turnamen itu namun pemain asing hanya boleh tampil dalam dua nomor. 

Menurut Direktur Superliga, Yoppy Rosimin, kisaran harga pemain asing berkisar 3.000 dolar AS-4.000 dolar AS dan 7500 dolar AS-10.000 dolar AS untuk pemain termahal.

"Atau kalau bertanding menang nanti dikasih bonus, tergantung perjanjiannya," tambah Yoppy.

Persaingan dalam Superliga Badminton tahun ini diperkirakan makin ketat karena turut diramaikan lima klub asing top dunia.

Klub-klub Indonesia juga didukung pemain-pemain unggul seperti Simon Santoso, Taufik Hidayat, Dionysius Hayom Rumbaka, Tommy Sugiarto, Markis Kido, Bona Septano, Sony Dwi Kuncoro, Ardiyanti Firdasari, Bellatrix Manuputty, Greysia Polii, Meiliana Jauhari, dan Pia Zebadiah.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013