Purwakarta (ANTARA) - Realisasi investasi di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar) hingga triwulan pertama tahun ini sudah mencapai Rp3,28 triliun.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Jumat, mengatakan saat ini terdapat lebih dari 500 perusahaan besar yang berinvestasi di Purwakarta.

Perusahaan yang menanamkan investasi di Purwakarta itu merupakan perusahaan nasional dan internasional yang bergerak berbagai bidang industri.

"Kita ingin terus memperkuat dan memantapkan posisi Purwakarta sebagai tujuan utama investasi di Jawa Barat," katanya lagi.

Dia menyebutkan, pada triwulan pertama di tahun ini saja sudah ada investasi senilai Rp3,28 triliun yang masuk ke Purwakarta.

Dari nilai investasi triwulan pertama tahun 2023 itu, sebanyak Rp2,07 triliun di antaranya merupakan investasi penanaman modal asing (PMA). Sedangkan sisanya Rp1,21 triliun merupakan penanaman modal dalam negeri (PMDN).

"Pencapaian itu meningkat tajam sebesar 15,64 persen dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama," kata dia pula.

Dari capaian investasi tersebut, untuk PMA meningkat 7,57 persen, dan investasi PMDN naik siginifikan atau meningkat 30,95 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Ia menyampaikan, Purwakarta bersama daerah lainnya seperti Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Karawang merupakan lima daerah yang menjadi tulang punggung investasi di Jabar.

Terhadap lima daerah itu, Pemerintah Provinsi Jabar menargetkan nilai investasi tahun ini dapat mencapai Rp188 triliun.

Bupati mengatakan, untuk menindaklanjuti target dari Pemprov Jabar tersebut, pihaknya akan terus memperkuat posisinya sebagai daerah tujuan utama investasi.

Atas hal itu Pemkab Purwakarta terus memperbaiki berbagai sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan bagi pengembangan kawasan industri.

"Semua infrastruktur yang diperlukan untuk terus menarik investasi, terus kami tingkatkan. Langkah ini penting agar para investor menjadikan Purwakarta sebagai pilihan utama untuk menanamkan investasinya," kata Anne pula. 
Baca juga: Pemkab Purwakarta optimistis capai target investasi Rp65 triliun

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023