Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga mengatakan pemberlakuan diskon tarif berkontribusi mendistribusikan penyebaran lalu lintas atau lain kendaraan lebih baik di jalan tol selama mudik Lebaran tahun ini.

"Terkait dengan jalan tol, kami membantu mudik Lebaran tahun ini dengan memberikan diskon tarif dan kami sudah laksanakan pada hari-hari tertentu memberikan kontribusi distribusi penyebaran lalu lintas kendaraan yang lebih baik," ujar Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Triono Junoasmono dalam seminar daring yang diikuti di Jakarta, Jumat.

Baca juga: BPS: Program diskon tarif tol mampu tekan inflasi saat periode Lebaran

Sebagai contoh, lanjut Triono, pada waktu dua hari sebelum libur bersama diskon tarif memberikan kontribusi distribusi penyebaran arus lalu lintas sekitar 10 - 12 persen di jalan tol yang dilalui pemudik.

Dengan demikian masyarakat memilih untuk melakukan mudik lebih cepat. Begitu juga ketika arus balik ke Jakarta sekitar 12-15 persen memilih untuk mengambil waktu kembali ke Jakarta lebih awal, karena adanya diskon tarif tol.

"Nantinya penerapan simulasi ini bukan hanya kepada arus lalu lintas, namun juga akan kami kombinasikan dengan diskon-diskon jalan tol sehingga arus lalu lintas kendaraan masyarakat tidak menumpuk dan terdistribusi menjadi lebih baik," kata Triono.

Sebelumnya, berdasarkan data dari Continuum Indef menunjukkan 62,3 persen masyarakat puas dengan pelaksanaan mudik pada Lebaran tahun ini.

Faktor jalan tol yang memperlancar arus mudik, ketersediaan BBM hingga mudik gratis dari pemerintah menjadi dasar netizen puas dengan mudik Lebaran 2023.

Sebanyak 60,3 persen netizen juga merasa senang dengan menjalani mudik melalui jalan tol. Mereka menilai mudik kali ini cukup lancar, rest area yang nyaman, serta suasana menyenangkan selama perjalanan.

"Pada intinya jalan tol dinilai membantu kelancaran mudik masyarakat," ujar Peneliti Continuum Indef Wahyu Tri Utomo.

Wahyu mengatakan, jalan tol memperlancar mudik menjadi topik positif paling dibicarakan oleh netizen. Adapun topik-topik terkait tol yang banyak diperbincangkan secara positif yakni tol memperlancar mudik sebesar 18,29 persen, jalan tol lancar 16,16 persen, jalan tol siap untuk mudik 15,24 persen, rest area nyaman 13,72 persen, dan mudik lewat tol menyenangkan 12,20 persen.

Baca juga: Jasa Marga: Diskon tarif tol efektif pecahkan kepadatan arus milir

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023