Jakarta (ANTARA News) - Pebulutangkis papan atas dunia Lee Chong Wei sempat menolak membela klub PB. Musica Champion Kudus untuk berkompetisi dalam ajang Djarum Superliga Badminton 2013.

Namun, setelah tim melakukan pendekatan kepada rekan Taufik Hidayat pada ajang yang sama di 2011 itu, akhirnya kesepakatan terjadi dan Chong Wei siap bersaing di Superliga, kata Manajer PB. Musica Champion Kudus Haryanto Arbi, Rabu, di Jakarta.

Menurut Haryanto, keengganan Lee sebelumnya juga karena dia harus berkonsentrasi dengan kesibukan latihan dan juga persiapan di beberapa kompetisi di negaranya, Malaysia.

Negoisasi dengan Lee juga membicarakan tentang porsi atau kesempatan dia bermain di ajang Superliga yang akan diselanggarakan di DBL Arena Surabaya ini.

"Dia dapat di pertandingan awal atau akhir. Jika dia ada kompetisi di Malaysia juga, dia dapat balik lagi, intinya kehadiran dia untuk meramaikan kompetisinya," kata dia.

Chong Wei merupakan salah satu pemain asing yang dikontrak oleh klub lokal PB. Musica Champion Kudus dalam Superliga Badminton 2013. Selain Chong Wei, diantaranya terdapat Lee Hyun II dari Korea Selatan yang kini menempati peringkat 17 dunia .

Menurut Haryanto, tim optimistis Chong Wei akan melibas semua lawan dan dapat membawa timnya hingga ke puncak juara seperti yang dia lakukan bersama klub PB. SGS PLN Bandung pada 2011 lalu di kompetisi yang sama.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) Basri Yusuf mengatakan kedatangan Lee Chong Wei dan pemain bintang dunia lainnya dapat menambah kesempatan pemain lokal untuk menukar ilmu dan menambah pengalaman.

Apalagi jika melihat kesempatan untuk melatih mental para pemain yang akan berlaga di kejuaraan tingkat internasional seperti SEA Games 2013, kata dia.

"Sangat baik, apalagi untuk junior, ini bisa menjadi langkah pembibitan," tambahnya.

Selain Lee Chong Wei, terdapat juga di antaranya Lee Hyun II dari Korea Selatan yang akan membela PB. Musica Champion. Klub lainnya PB SGS PLN juga sedang mengkaji untuk merekrut Kencihi Tago (Jepang) atau Wang Zhengming (China).

Andalan Thailand Bonsak Ponsana juga akan membela klub PB. Jaya Raya.

Panitia penyelanggara Superliga mengizinkan klub lokal untuk menggunakan pemain asing dengan batas dua nomor pertandingan.

Direktur Superliga Yoppy Rosimin mengatakan nilai kontrak pemain asing di Superliga dapat mencapai kisaran 3000 - 4000 dolar US, dan 7500 -10 ribu dolar US untuk pemain dunia.

"Belum lagi jika ditambah bonus juara," tugasnya.

Dajrum Superliga Badminton 2013 akan diselanggarakan pada 3-9 Februari di DBL arena Surabaya dengan melibatkan 10 tim untuk putra dan delapan tim untuk putri, dan lima di antaranya merupakan klub asing, yaitu Unisys, Renesas, Tonami (Jepang), Koran Gingseng Company (Korea Selatan) dan Malaysian Tiger & Malaysian Mas (Malaysia).

(I029)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013